Pelabuhan Jangkar Situbondo Jadi Skala Prioritas Pengamanan Polisi

Aparat kepolisian Polres Situbondo menjaga ketat pintu masuk Pelabuhan Jangkar Situbondo, Rabu (6/5). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Menjelang perayaan lebaran 1441 H, keberadaan Pelabuhan Jangkar Situbondo, menjadi salah satu skala prioritas penjagaan pengamaanan aparat kepolisian Polres Situbondo.
Buktinya, Polres Situbondo jauh hari sudah menempatkan sejumlah personil polisi di titik Pos Pengamanan Ketupat Semeru 2020 di pintu masuk Pelabuhan Jangkar.
Hingga saat ini polisi terus intens melaksanakan pengamanan di kawasan Pelabuhan Jangkar Situbondo, yang menjadi pintu masuk arah lalu lintas laut ke pulau Madura.
Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi melalui Kasubag Humas Polres Situbondo IPTU Nuri mengatakan, tak hanya melakukan pengamanan saja, personil polisi juga giat melakukan pemeriksaan kepada semua penumpang di Pelabuhan Jangkar Situbondo.
“Ya petugas yang melakukan pemeriksaan kepada penumpang adalah personil polisi yang piket di Pos Pengamanan Ketupat Semeru 2020 Pelabuhan Jangkar. Disana juga berdiri pos cek poin Covid-19,” ujar mantan Kapolsek Sumbermalang itu.
Masih kata IPTU Nuri, kegiatan pengamanan dikawasan Pelabuhan Jangkar dipimpin langsung oleh IPDA Gatot dengan bantuan 9 personil polisi yang merupakan anggota gabungan Polsek Jangkar, Satpolair, Koramil, Koordinator Pelabuhan, Satpol PP, BPBD dan Puskesmas Kecamatan Jangkar.
“Setiap penumpang yang akan masuk dalam kapal penyeberangan dilakukan pemeriksaan dan diwajibkan memakai masker,” tutur IPTU Nuri.
IPTU Nuri menerangkan, salah satu kegiatan penyeberangan kemarin ratusan penumpang dan puluhan kendaraan ikut diberangkatkan dengan menaiki kapal Ferry KMP Dharma Kartika jurusan Jangkar-Pulau Raas Madura.
“Dalam penumpang ini sedikitnya ada 186 orang. Sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 39 unit yang terdiri dari roda empat (jenis pick up empat unit dan sepeda motor 34 unit),” beber IPTU Nuri.
Pria dengan dua balok dipundaknya itu menambahkan, untuk pencegahan penyebaran Covid-19, jajarannya juga telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk kapal hingga pengaturan penumpang saat ada di dalam kapal.
“Mereka kami minta untuk selalu menjaga jarak. Selain itu, kendaraan roda empat saat ada dalam kapal ferry harus terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfektan,” pungkas IPTU Nuri. [awi]

Tags: