Pelantikan Anggota Dewan Tunggu Proses MK

indexKPU Jatim, Bhirawa
Calon legislative terpilih  Pileg 2014 untuk DPRD Jatim akan dilantik pada medio Agustus  atau maksimal Oktober tahun ini, menunggu proses sengketa Pemilu di mahkamah Konstitusi(MK). Senin(12/5) kemarin KPU jatim menetapkan nam-nama calon legislative jadi pada rapat pleno terbuka di kantor KPU Jatim.
Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam, menjelaskan   sesudah penetapan dilakukan, KPU Jatim akan menunggu proses pelantikan anggota DPRD Jatim yang akan dilaksanakan antara bulan Agustus-Oktober mendatang.
“Proses pelantikan itu masih menunggu proses penyelesain sengketa hasil Pemilu yang hari ini (kemarin,red)merupakan hari terakhir pendaftaran di Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Anam.
Dikatakan Anam, kalau hasil MK ada yang memerintahkan dilakukan proses hitung ulang atau bahkan coblos ulang, KPU Jatim akan siap melaksanakan putusan tersebut.
“Kita juga akan siap, kalau dalam putusan MK, ada Caleg yang harus diganti dengan Caleg lain, karena dinilai bermasalah. Namun demikian hingga saat ini kami belum tahu apakah ada hasil yang seperti itu,” jelas Anam.
Memang Senin kemarin, KPU Jatim akhirnya resmi menyampaikan nama-nama caleg terpilih dalam pemilu legislatif (pilag) 2014. Seperti diprediksikan sejak awal PKB akan menjadi jawara  dalam Pileg 2014 dengan 20 kursi, yang sebelumnya dikuasai oleh Partai Demokrat dengan mendapatkan 22 kursi.
Choirul Anam menegaskan, dalam rapat pleno penetapan KPU Jatim itu, dipastikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai parpol pemenang dalam Pileg 2014 di Jatim dengan perolehan 20 kursi, disusul PDI Perjuangan dengan 19 kursi dan Gerindra serta  Demokrat, masing-masing 13 kursi disusul Partai Golkar dengan   11 kursi.
”Urutan keenam ditempati oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 7 kursi, sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapat 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dapat 5 kursi,  Nasdem dapat 4 kursi, dan Hanura dengan 2 kursi,”tegas mantan komisioner KPU Kota Surabaya, Senin (12/5).
Terlepas dari itu semua, dalam proses penetapan nama-nama caleg oleh KPU Jatim tidak dihadiri oleh tiga parpol, masing-masing PPP, PKPI dan PBB. Tanpa ada alasan yang jelas ketiga fraksi tersebut absen.
Namun menurut sumber resmi di KPU Jatim, PPP tidak hadir dikarena sibuk Rapimnas untuk menyiapkan pencapresan. Sedang PKPI dan PBB tidak hadir karena dalam Pileg 2014 ini, dua partai tersebut tidak  mendapatkan  kursi di Jatim.
“Yang pasti mereka sudah diundang dan dihubungi tapi tetap tidak datang, dan KPU tidak tahu apa alasan mereka tidak datang. Dan sesuai aturan tidak ada sanksi bagi parpol mereka yang tidak hadir dalam penetapan nama-nama caleg terpilih untuk duduk di DPRD Jatim dan parpol pemenang dalam Pileg 2014 ini,” papar Anam. [cty]

Keterangan Foto : Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam

Tags: