Pelatihan Pengembangan Produktivitas, Salah Satu Upaya Menanggulangi Pengangguran

Kepala UPT Balai Latihan Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja Surabaya, Subiyani (yang juga mewakili Kadisnakertrans Jatim) berfoto bersama dengan narasumber Pelatihan Pengembangan Produktivitas Angkatan II Tahun 2024.

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Salah satu upaya menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan pengembangan produktivitas. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Sigit Priyanto, saat membuka Pelatihan Pengembangan Produktivitas Angkatan II Tahun 2024, yang kegiatannya berlangsung dua hari 14 – 16 Mei 2024, Hotel Aston, Mojokerto.

“Karena itulah saya sangat mengapresiasi kegiatan ini agar terus dilaksanakan secara berkesinambungan guna mengurangi pengangguran, kemiskinan dan dapat menciptakan peluang berusaha serta memperluas lapangan kerja dan yang paling utama dapat meningkatkan taraf hidup dan masa depan yang mandiri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur khusunya di Mojokerto ini,” katanya.

Disampaikannya, Pelatihan Pengembangan Produktivitas Angkatan II Tahun 2024. Pelatihan ini diperuntukkan bagi pelaku usaha di wilayah Mojokerto dan suatu kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan membangun jiwa produktif serta keterampilan melalui penerapan teknik dan metode peningkatan produktivitas sesuai dengan jenis usaha dalam rangka menciptakan produktivitasnya.

Permasalahan pengangguran saat ini merupakan salah satu prioritas yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sehingga permasalahan tersebut tentunya menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Jawa Timur.

Melalui berbagai Program Strategis yang berlandaskan visi Jawa Timur yaitu””Terwujudnya Masyarakat Jawa Timur yang Adil, Sejahtera, Unggul dan Berakhlak dengan Tata Kelola Pemerintahan yang Partisipatoris Inklusif melalui Kerja Bersama dan Semangat Gotong Royong”.

Adapun arah dari misi tersebut salah satunya adalah perluasan lapangan kerja, untuk mendorong pengembangan dan pemberdayaan para pelaku usaha yang dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Pada kesempatan ini, Sigit berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh – sungguh dengan mengikuti seluruh materi pelatihan.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Balai Latihan Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja Surabaya, Subiyani S.Sos, mengatakan, Pelatihan Pengembangan Produktivitas ini dilaksanakan untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun peningkatan manajerial

“Diharapkan para pelaku usaha dapat mengembangkanusahanya dan mandiri dalam menjalankan usahanya,” katanya.

Sebagaimana diketahui, peserta PelatihanPengembangan Produktivitas Angkatan II Tahun 2024 sebanyak 50 orang dari pelaku usaha yang sudah mempunyailegalitas usaha dan mempunyai tenaga kerja minimal 10 orang.Narasumber / Instruktur dari PT. Lautan Natural Krimerindo – Mojokerto (Syaiful Amin, ST, MM selaku Corporate Affair & Legal Manager), PT. Mega Global Food Industry – Gresik (Tommy Oktavian Basoeki selaku Manager HRGA & HSE), dan Instruktur dari UPT Balai Latihan Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja Surabaya. [rac.gat]

Tags: