Pelayanan Pemkot Surabaya Kembali Normal

Surabaya, Bhirawa
Pelayanan Pemkot Surabaya bakal bisa kembali dirasakan warganya hari ini, Senin (11/6). Pasalnya, warga Kota Pahlawan tidak bisa memanfaatkan layanan Pemkot Surabaya secara maksimal sejak Jumat (9/6) lalu. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan sistem server internal sehingga tidak bisa membuka layanan secara online. Baik via website maupun mobile application.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan tidak bisa diaksesnya layanan publik secara online ini berlaku sementara. Pihaknya sejak Jumat (9/6) lalu memang sedang melakukan pemeliharaan server.
“Kami melakukan penataaan struktur server dan penyimpanan back up data,” kata Antiek saat dikonfirmasi, Minggu (11/6) kemarin.
Selain melakukan penataan struktur server, pemeliharaan ini juga dilakukan dengan back up sistem data Pemkot Surabaya sehingga harus mematikan dulu jaringan online yang biasa digunakan untuk pelayanan publik. Menurut jadwal, pemeliharaan server ini akan dilakukan sampai Senin (12/6) hari ini.
“Senin besok (hari ini, red) tepat pukul 07.00, layanan akan kembali normal dan pemeliharaan server sudah selesai. Layanan publik yang kita bangun online sudah bisa kembali diakses,” terangnya.
Sebelumnya, diketahui hampir semua sistem layanan publik milik Pemkot Surabaya sudah dalam bentuk online. Misalkan saja di unit pelayanan terpadu satu pintu di Gedung Eks Siola. Setidaknya ada sebanyak 154 pelayanan perizinan yang dilayani secara online di sana. Mulai perizinan IMB, perizinan SIUP, perizinan TDP dan juga layanan kependudukan juga sudah lewat online. Praktis selama kegiatan pemeliharaan server ini layanan online tidak bisa diakses.
Surat pemberitahuan mengenai pemeliharaan server dan sistem ini, kata Antiek, juga sudah dilayangkan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya.
Perlu diketahui, pemeliharaan server dan sistem online pelayanan publik ini merupakan pemeliharaan rutin oleh Diskominfo Surabaya, hanya saja pemeliharaan ini terakhir kali dilakukan sudah cukup lama.
“Terakhir awal 2016 lalu. Baru sekarang, soalnya kemarin jadwalnya kan sangat padat. Kita juga melaunching beberapa pelayanan, kan. Jadi tidak mungkin kami lakukan pemeliharaan,” katanya.
Adapun beberapa inovasi pelayanan online Pemkot Surabaya yang dilaunching baru-baru ini, antara lain e-health, layanan kesehatan online, serta layanan antar akta kelahiran dan kartu keluarga, dalam e-Lampid.
Meski begitu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Suharto Wardoyo menegaskan meski ada penghentian sementara layanan online karena pemeliharaan server, layanan kependudukan tetap dilayani. Pelayanan di Siola pada Sabtu kemarin masih tetap buka dan melayani warga yang membutuhkan.
“Tetap dilayani secara offline di Dispendukcapil Siola pada Sabtu kemarin. Mulai pukul 09.00 sampai pukul12.00. Jadi layanan tidak berhenti,” ujar pria yang kerab disapa Anang ini. [geh]

Tags: