Pelayanan SIM Corner Sidoarjo Tak Manusiawi

Pemohon SIM Corner di Sun City Giant Sidoarjo, setiap hari harus berdiri berjam-jam antri untuk mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM.

Pemohon SIM Corner di Sun City Giant Sidoarjo, setiap hari harus berdiri berjam-jam antri untuk mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM.

Sidoarjo, Bhirawa
Pelayanan SIM Corner Polres Sidoarjo yang ada di Giant Sun City Sidoarjo, dikeluhkan.  Tidak adanya tempat duduk, sehingga warga Sidoarjo yang ngurus SIM, harus berdiri berjam-jam untuk antri perpanjangan SIM A dan C itu.
Gunawan SH, salah satu PNS di Pemkab Sidoarjo yang terlibat antrian itu menganggap, pelayanan SIM Corner Polres Sidoarjo itu, tidak manusiawi. Karena ia harus antri dengan berdiri, mulai pk.09.00 WIB sampai pk 13.00 WIB, untuk mendapatkan perpanjangan SIM A, baru-baru ini.
”Saya sampai tidak berani meninggalkan antrian itu, sebab kalau ditinggal pergi sebentar misal untuk ke kamar kecil, bisa-bisa antrian saya akan diserobot oleh mereka yang berada di belakang kita, sebab antrian itu juga tak ada nomor urutnya, terpaksa harus saya tahan bila ingin kencing,” kata Gunawan, Senin ( 26/10) kemarin.
Menurut Ia, untuk mengurus perpanjangan SIM ini ia harus datang lebih pagi. Yakni sejak pk.08.00 WIB untuk mengumpulkan SIM. Ia mengatakan, sebelumnya ia telah datang pada pk 11.00 WIB untuk mengurus perpanjangan, tapi sudah formulir SIM sudah habis.
Dalam setiap hari pagu pelayanan di SIM Corner ini dibatasi hanya ada 75 formulir saja. Untuk perpanjangan SIM Corner ini, harga formulirnya Rp 55 Ribu. Sedangkan untuk pemotretan SIM A Rp 80 ribu dan SIM C  Rp 75 ribu.
”Pencari SIM di Sidoarjo ini potensial banyak, sebenarnya ini peluang Polres Sidoarjo untuk memberikan pelayanan yang baik, sehingga harusnya lebih baik membuka SIM Corner di tempat lain di Sidoarjo, agar tak terpusat di Sun City saja,  bisa ditempat mal lain atau keramaian lainnya di Sidoarjo,” papar Gunawan.
Tentang pelayanan yang jelek di SIM Corner ini, Gunawan mengatakan, akan berencana mengudara di radio, untuk mengeluhkan masalah tersebut.
Ia punya masukan, mungkin Pemkab Sidoarjo ikut peduli dengan pelayanan jelek ini, dengan membantu Polres Sidoarjo, untuk memberikan tempat  miliknya yang tidak dipakai, agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat alternatif pelayanan SIM Corner ini.
Kissowo Sidi, Asisten Administrasi Pemkab Sidoarjo, yang merupakan warga kota Surabaya ini ikut berkomentar,  kalau pelayanan perpanjangan SIM di kota Pahlawan itu sangatlah mudah. Sebab pelayanan dilakukan pada sejumlah tempat keramaian dan sejumlah mal di Surabaya.
”Saya suka ngurus perpanjangan SIM di Tunjungan Plasa, sebab selain ber AC juga disediakan tempat duduk, jadi nyaman,” komentarnya.
Sejumlah mal lain di Surabaya yang juga ada pelayanan perpanjangan SIM, lanjut Kissowo, adalah di Royal Plasa. Sedangkan di tempat keramaian adalah di Taman Bungkul. Meski tidak ddisediakan tempat duduk,  tapi ditempat terbuka itu disediakan terop untuk menahan panas Matahari.
”Kalau di Surabaya bisa,  kenapa di Sidoarjo tidak bisa, menurut saya, itu tergantung pada komitmen, untuk memberi pelayanan yang baik dan prima pada masyarakat,” kata Kissowo.
Dalam kesempatan terpisah,  Kanit Laka Polres Sidoarjo, Ahmad Fahmi Adiatma, menyampaikan, untuk melayani pembuatan SIM, di Polres Sidoarjo dilakukan 3 cara. Diantaranya, dengan melakukan pelayanan SIM keliling pada tempat atau pusat keramaian di kota Sidoarjo, pelayanan SIM Corner yang ada di Sun City dan Polres mengakomodir ke desa-desa bagi mereka yang belum punya SIM, kemudian dikumpulkan dan dibawa ke Polres Sidoarjo. (kus)

Tags: