Pelayaran Perdana Pelabuhan Jangkar-Lembar NTB Tambah PAD

Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melepas pelayaran perdana Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Lembar NTB, baru baru ini. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Dengan dibukanya akses pelayaran baru, trayek Pelabuhan Jangkar Situbondo-Limbar NTB akan membuka peluang baru bagi tumbuhnya akses ekonomi di Kota Santri Situbondo. Selain itu, trayek baru tersebut ditaksasi akan menambah pundi pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Kabupaten Situbondo ke depan. Selain itu, juga akan tumbuh juga sektor UMKM di sekitar Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, H Mistoyo, dengan adanya penyeberangan trayek Pelabuhan Jangkar-Lembar NTB, diyakini akan menambah perolehan PAD Situbondo. “Ya otomatis PAD Situbondo akan naik. Ini ditunjang oleh pemasukan dari sektor parkir di area Pelabuhan Jangkar Situbondo. Sebab semuanya akan dikenai retribusi,” jelas H Mistoyo.

H Mistoyo menambahkan, dalam waktu dekat juga akan dibangun tiga akses sandar pelabuhan yang saling berdekatan. Nantinya, aku Mistoyo, akan dijadikan satu titik dengan tempat sandar menuju Pulau Madura dan Lembar NTB. “Nanti secara otomatis dermaga Pelabuhan Jangkar akan berhimpitan dengan dermaga tujuan Pulau Madura. Setiap kapal yang bersandar di dermaga di Pelabuhan Jangkar Situbondo dikenai retribusi sehingga akan menambah PAD Situbondo,” kupas mantan Plt Kasatpol PP Kabupaten Situbondo itu.

H Mistoyo memastikan, saat ini pihaknya fokus pada pembangunan sarana prasarana tambahan menuju Pelabuhan Jangkar. Misalnya, mulai pintu masuk jalan raya akan di perlebar hingga pintu masuk Pelabuhan jangkar. Tak cukup itu, lanjut H Mistoyo, pihaknya juga akan membangun sarana toilet dengan kualitas memadai. “Saat ini masih dalam tahap perbaikan. Sehingga warga yang menggunakan toilet masih belum dikenai retribusi,” papar H Mistoyo.

Masih kata H Mistoyo, dengan dibukanya jalur baru itu dipastikan akan menambah pertumbuhan ekonomi Situbondo dan di sekitar Pelabuhan Jangkar. Bahkan, ujar dia, kedepan akan ada pertumbuhan ekonomi baru seperti berdirinya warung dan pusat oleh-oleh serta pusat pariwisata baru disekitar Pelabuhan Jangkar. “Ya itu akan berkembang. Ini karena seluruh akses jalan di Pelabuhan jangkar akan diaspal dan lahan parkir akan diperluas,” pungkas H Mistoyo.[awi.ca]

Tags: