Pelindo III Buka Property Corner

PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak membuka layanan Property Corner (PC).

PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak membuka layanan Property Corner (PC).

Surabaya,Bhirawa
PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak membuka layanan Property Corner (PC). Layanan ini sebagai upaya mempermudah masyarakat untuk mengurus proses perpanjangan ijin sewa tanah atau bangunan milik Pelindo III Cabang Tanjung Perak yang digunakan oleh masyarakat umum.
General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Eko Harijadi Budijanto secara resmi kemarin Rabu  (17/9), meresmikan PC yang berada di Jl Teluk Aru Tengah  No.20 Tanjung Perak Surabaya. Peresmian dilakukan dengan sederhana dihadiri Lurah, RT/RW, dan tak ketinggalan para pengguna jasa serta warga sekitar dengan prosesi pemotongan tumpeng dan penandatanganan prasasti.
Dengan diresmikannya property corner, masyarakat sekitar Tanjung Perak tidak perlu datang ke kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak  untuk mendapatkan pelayanan mengenai penggunaan lahan dan ruangan / bangunan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak.
Menurut Eko Harijadi Budijanto, didampingi Kahumas PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhanny R Agustian,  Property Corner ini juga salah satu upaya nyata dari Pelindo III Cabang Tanjung Perak dalam menerapkan budaya perusahaan yaitu customer focus, care dan integrity, dimana Pelindo III Cabang Tanjung Perak harus fokus kepada pelanggan serta peduli akan kebutuhan pengguna jasa diantaranya para penyewa HPL Tanjung Perak. “Wujud budaya perusahaan benar-benar kami terapkan dalam dunia kerja di Pelindo III Cabang Tanjung Perak dengan menghadirkan PC ditengah-tengah masyarakat. Kami berupaya memangkas proses birokrasi dengan sistem online dalam hal pembayaran.”
Fungsi PC yang digagas oleh Eko Harijadi  ini untuk  memberikan pelayanan secara langsung dan cepat diantaranya perpanjangan perjanjian sewa tanah & ruangan/bangunan, peralihan/balik nama kontrak, hingga perjanjian sewa baru. Untuk transaksi keuangan, property corner bekerjasama dengan Bank Jatim sebagai penerima pembayaran atau kasir.
Saat ini, terdapat kurang lebih 2.500 persil tanah HPL seluas + 530 Hektar disekitar Tanjung Perak dapat dilayani di PC. Dhany R Agustian menuturkan, “Bahwa dengan hadirnya PC ditengah-tengah masyarakat, siapapun yang memiliki kepentingan dengan urusan property di Tanjung Perak dapat langsung datang dan menyelesaikan urusannya disini, proses administrasi hingga pembayaran juga langsung karena disini ada bank jatim yang siap menerima pembayaran secara tunai.n ma
PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak akhirnya membuka layanan Property Corner. Layanan ini sebagai upaya mempermudah masyarakat untuk mengurus proses perpanjangan ijin sewa tanah atau bangunan milik Pelindo III Cabang Tanjung Perak yang digunakan oleh masyarakat umum.
Manager Properti PT Pelindo III cabang Tanjung Perak, Affandi mengatakan, ada sekitar 2.500 persil tanah milik Pelindo III yang digunakan oleh masyarakat. Dan dari jumlah tersebut, sedikitnya ada sekitar 1.000 hingga 1.500 persil yang digunakan rumah tangga.
“Agar mereka tidak repot-repot mengurus surat sewa dan perpanjangan ijin penggunaan lahan dan ruangan atau bangunan yang dikelolah Pelindo III Cabang Tanjung Perak ke kantor, maka kami mencoba untuk mempermudah dengan membangun layanan ini,” ujar Affandi saat pembukaan Property Corner di Surabaya, Rabu (17/10/2014).
Menurut penuturannya, selama ini masyarakat memang agak kesulitan untuk melakukan pengurusan. Bahkan Pelindo III kadang melakukan pelayanan dor to dor atau dari rumah ke rumah untuk menanyakan dan menegur penyewa untuk mengurus perpanjangan ataupun membayar sewa persil. Karena hak penggunaan tanah, harus didasari dengan perjanjian.
Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Eko Harijadi Budijanto mengatakan, pembukaan layanan ini sebagai sebagai upaya Pelindo III tanjung Perak untuk menerapkan budaya perusahaan yaitu customer focus, care dan intregrity, dimana Pelindo III harus fokus kepada pelanggan.
“Ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Biasa jika mengurus jarus ke kantor dan masyarakat umum kalau masuk pelabuhan, apalagi rumah tangga biasanya merasa takut dan tidak mudah,” katanya.
Bersama Bank Jatim, Pelindo III telah membuka dua oulet Property Corner di sekitar Tanjung Perak. Langkah ini juga sebagai upaya program non tunai untuk pembayaran atau castlest karena transaksi dengan menggunakan debit atau rekening.
“Biaya yang dibayarkan, akan dikembalikan untuk lingkungan agar menjadi lebih bagus, untuk pengolahan sampah, perbaikan jalan dan paving serta lainnya. Karena kita tidak bisa andalkan APBD. Kordinasi dengan kelurahan bagaimana lingkungan disini menjadi lebih bagus,” ungkapnya. [ma]

Rate this article!
Tags: