Pelindo III Cabang Kumai Siap Backup Evakuasi AirAsia

LogoPelindoSurabaya, Bhirawa
Pelindo III Cabang Kumai menjadi salah satu lokasi evakuasi korban Pesawat Air Asia QZ 8501 penerbangan Surabaya-Singapura yang hilang kontak pada Minggu, (28/12/14) lalu. Pencarian Pesawat Air Asia QZ 8501 mulai menemukan titik temu setelah ditemukannya serpihan-serpihan pesawat dan korban di Perairan Gosong Senggora, Pantai Kubu, Kab Kotawaringin Barat, Kec Kumai, Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada Selasa (30/12/14).
Kapal Tug Boat yang mengangkut dua korban (satu lelaki dan satu perempuan) pesawat tiba di Dermaga Pelabuhan Panglima Utar Kumai pada Rabu (31/12/2014) sekitar pukul 23.04 WIB. Setelah dievakuasi di Pelabuhan Cabang Kumai pada malam menjelang tahun baru 2015 oleh Tim Basarnas, TNI/Polri dan Instansi terkait, dua jenazah korban itu langsung dibawa ke RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. PT Pelindo III (Persero) Cabang Kumai sendiri sudah menyiapkan Posko evakuasi korban pesawat sejak Selasa bekerjasama dengan instansi terkait.
‘’Kepedulian PT Pelindo III (Persero) terkait peristiwa ini adalah dengan memberikan bantuan berupa penyediaan Terminal Penumpang sebagai Posko untuk Basarnas, selain Posko tenda yang sudah disediakan, penyediaan dermaga Pelabuhan Kumai untuk sandar kapal-kapal Basarnas, Polri, serta TNI AL. Serta penyediaan konsumsi sebanyak 60 boks untuk sarapan, 60 boks untuk makan siang, dan 60 boks untuk makan malam mulai Selasa sampai dengan 10 hari ke depan,’’ kata General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Kumai, Budi Setiyono.
Kamis (1/1) ada proses evakuasi serpihan pesawat yang dilakukan di Pelabuhan Kumai yaitu berupa serpihan emergency slider (tangga darurat), serta tabung oksigen oleh Kapolda Kalimantan Tengah, dan selanjutnya diserahterimakan kepada Basarnas. PT Pelindo III Cabang Kumai menyatakan selalu siap untuk membantu Tim Basarnas, serta pihak-pihak terkait dalam hal penyediaan Posko untuk evakuasi korban pesawat itu. [ma]

Tags: