Pelindo III Salurkan Dana PKBL Rp 950 Juta

Toto Heli Yanto

Toto Heli Yanto

Surabaya, Bhirawa
PT Pelindo III (Persero) ,Cabang Tanjung Perak menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk tahap 24 tahun 2014 sejumlah Rp 950 juta kepada 27 Mitra Binaan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur.
Pemberian dana PKBL itu setelah melalui survey dan proses seleksi ketat, dengan tetap memperhatikan dasar-dasar penilaian 4P dan 5C (Personality, Purpose, Prospect, Payment dan Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition).
Sasaran penyaluran dana kemitraan tahap 24 tahun 2014 ini menurut wilayah penyalurannya meliputi 11(sebelas) mitra binaan Surabaya, 4(empat) mitra binaan Sidoarjo, 6 (enam) mitra binaan Pasuruan, 1 (satu) mitra binaan Bangkalan, 1 (satu) mitra binaan Sumenep, 3 (tiga) mitrabinaan Trenggalek, dan 1 (satu) mitra binaan Ngawi.
General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Toto Heli Yanto menyampaikan bahwa penyaluran pinjaman lunak ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility dan wujud dari kepedulian terhadap masyarakat yang ingin menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di era persaingan global saat ini.
“Pelindo III Cabang Tanjung Perak akan menyalurkan pinjaman kemitraan sebesar Rp 950 juta ke 27 calon mitra binaan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur. Perlu diingat bahwa pinjaman yang diberikan ini bukan bersifat bantuan, tetapi ada kewajiban dari calon mitra binaan agar tidak melupakan kewajibannya untuk mengangsur pinjamannya tepat waktu sesuai perjanjian yang telah disepakati. Dan perlu menjadi perhatian bagi semua mitra binaan agar selalu melakukan bisnis dengan cara yang jujur, disiplin, dan menepati janji dalam pengembalian angsurannya.” Papar Toto, Selasa (29/4).
Terakhir tahun 2013, khusus untuk Jawa Timur telah tersalurkan dana untuk pinjaman lunak dana kemitraan sebesar Rp. 942.500.000 dan ditargetkan tahun 2014 sebesar Rp. 5 M. Untuk mempermudah proses pembayaran angsuran oleh mitra binaan, yang sekaligus sebagai monitoring dan evaluasi piutang mitra binaan, maka PKBL Pelindo III Tanjung Perak bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Perak dalam pembukaan rekening simpeda kepada masing-masing mitra binaan.
Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Wahyu Suparyono yang pada penyaluran dana kemitraan  KBL berharap para mitra binaan yang telah menerima pinjaman, pergunakanlah pinjaman tersebut dengan baik. “Tolong pada saatnya mengangsur, angsurlah dengan baik, dan berdaganglah dengan baik dan amanah.  Paling terakhir, Manajemen Pelindo III tidak akan segan-segan mengikutkan para mitra binaan di pameran baik dalam negeri maupun luar negeri apabila memang anda berbisnis dengan baik, maju dan meningkat produksinya”, kata Wahyu Suparyono.
Salah satu perwakilan dari Mitra Binaan, Amirudin, mengaku sanggup untuk mengembalikan dana tersebut.”Kita sanggup dan siap mengembalikan hutang kita, dan harapan kita semoga Pelindo III semakin besar dan jaya, sehingga dana CSR yang diberikan juga semakin besar”.
Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Dhany Rachmad Agustian berharap dengan penyaluran dana kemitraan KBL ini, pihak PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak dapat membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil di Jatim, khususnya di wilayalah Surabaya sekitarnya. “Semoga Pelindo III Cabang Tanjung Perak dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat, dapat memberikan pelayanan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat terus memperoleh peningkatan laba. Tentunya, dengan laba itu pihaknya dapat membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil melalui penyaluran pinjaman lunak tersebut,” ujarnya. [ma]

Tags: