Pelindo lll Berangkatkan 4.593 Orang Mudik

4.593 penumpang kapal iaut KM Labobar tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu (18/6).

Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 4.593 penumpang kapal iaut KM Labobar tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu (18/6). Kehadiran mereka disambut oleh jajaran manajemen PT Pelabuhan indonesia lll (Persero) atau Pelindo Ill untuk mengajak para penumpang kapal iaut memanfaatkan program Mudik Gratis. Program ini merupakan wujud sinergi BUMN yang diinisiasi oleh Pelindo lll dengan menggandeng BUMN lain, yakni PT Peini, selaku penyedia moda transportasi laut, dan PT Damri, selaku penyedia moda transportasi darat.
“Hari ini, kami menyiapkan sebelas unit bus di halaman Gapura Surya Nusantara (GSN) yang diperuntukkan bagi para peserta mudik gratis,” kata Faruq Hidayat, Sekretaris Perusahaan Pelindo Ill disela sela acara Minggu (18/6) kemarin. Kesebeias armada bus ini selanjutnya akan mengantarkan penumpang ke 15 kota di Jatim dan satu kota di Jawa Tengah dengan destinasi akhir, yaitu Jember, Madiun, Trenggaiek, Biitar dan Cepu.
Kedatangan KM Labobar di Pelabuhan Tanjung Perak merupakan kedatangan kedua dari armada kapal PT Peini yang termasuk da|am program Mudik Gratis. KM Labobar bertoiak dari Pelabuhan Baiikpapan dan menempuh periaianan selama kurang iebih 25 jam menuju Surabaya. Sebelumnya, KM Ciremai teiah tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada Sabtu (17/6) pukui 21.30 WIB dari Pelabuhan
Taniung Prick. “Seianiutnya akan ada 6 kunjungan lainnya secara berturut-turut sampai dengan tanggai 23 Juni,” kata Bambang Hasbuiiah, Senior Manager Peiayanan Kapai dan Terminal Pelindo III.
Program Mudik Gratis yang diseienggarakan oleh Pelindo iil ini merupakan bentuk kepeduiian perusahaan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik sejak dari peiabuhan sampai di kota tujuan. “Setidaknya para pemudik tidak periu berjalan jauh menuju terminal bus sambil menenteng atau memanggui bawaan mereka,” kata Widyaswendra, Kepaia Humas Pelindo iii. Lagipuia, para pemudik akan dimanjakan dengan sejumiah fasiiitas didaiam bus seperti pendingin ruang, kursi rekiining dan makanan ringan. Pelindo III juga menanggung biaya asuransi para pemudik sebagai bentuk periindungan selama perjaianan.
Daiam hai pelayanan penumpang, Pelindo III memastikan kesiapan sarana dan prasarana di terminal penumpang GSN, mulai dari gerbang keberangkatan sampai dengan kenyamanan ruang tunggu. Seiain itu, dukungan dua unit garbarata akan memudahkan penumpang difabel maupun iansia daiam mengakses kapal iaut maupun gedung terminal penumpang. Pun demikian posko kesehatan yang turut disiagakan dengan tenaga medis berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Rumah Sakit PHC Surabaya. [ma]

Tags: