Pembangunan SMPN 7 Kota Batu Jadi Proyek Prioritas

Dalam program pembangunan tahun ini Pemkot Batu akan mengubah eks Kantor KPU Batu menjadi tempat uji KIR. [anas bahctiar]

Kota Batu, Bhirawa
Pembangunan SMPN 7 Kota Batu menjadi proyek prioritas dilaksanakan Pemkot Batu tahun ini. Namun sekolah yang semula akan dibangun di Desa Pendem dipindah di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. Selain pembangunan sekolah, ada dua proyek lain yang menjadi prioritas Pemkot Batu di tahun ini.
“Untuk lokasi pembangunan SMPN 7 Batu awalnya akan dilakukan di Desa Pendem. Namun setelah dilakukan kajian kembali alternatif baru tempat pembagunan mengerucut di Kelurahan Dadaprejo,” ujar Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat dikonfirmasi, Minggu (28/2).
Perubahan lokasi pembangunan sekolah ini dikarenakan beberapa faktor. Kemudian digelar musyawarah antara Pemkot melalu Dinas Pendidikan (Dindik) dengan beberapa pihak terkait di Kecamatan Junrejo. Antara lain, Pemerintah Kecamatan Junrejo bersama pemdes jajaran, BKD, dan perwakilan guru negeri dan swasta di Kota Batu.
Dari usulan dalam rapat, lokasi pembangunan mengerucut pada dua desa. Yakni, Desa Tlekung dan Desa Pendem. Namun setelah dilakukan kajian kembali, ternyata masalah jarak sekolah jadi persoalan.
Permasalahan muncul kalau sekolah dibangun di Desa Pendem. Karena otomatis nantinya calon siswa dari Desa Tlekung dan daerah terdekat seperti Kelurahan Dadaprejo terlalu jauh. Akhirnya, lokasi yang menjadi alternatif adalah Kelurahan Dadaprejo.
Pemilihan Dadaprejo sebagai alternatif lokasi pembangunan juga dikarenakan wilayah ini berstatus kelurahan. Dengan status ini lebih mudah proses untuk penggunaan aset yang ada di wilayah itu.
Hal ini akan tertolak belakang jika lokasi pembangunan tetap mengambil tempat di Desa Pendem. Mengingat terkendala dengan adanya regulasi Permendagri Nomor 1 tahun 2016 tentang TKD tidak boleh berkurang selain untuk kepentingan desa. Jika memang dipakai untuk kepentingan pemerintah daerah (Pemda) harus ada pengganti lahan yang sepadan.
Ditambahkan Dewanti, selain pembangunan SMPN 7 ada dua lagi proyek yang menjadi prioritas Pemkot di tahun ini. Yaitu, pembangunan tempat uji KIR, dan pembangunan cold storage.
“Untuk tempat Uji KIR nantinya bakal dibangun di atas lahan seluas 3 ribu meter persegi. Dengan lokasi pembangunan di gedung eks kantor KPU Kota Batu yang berada di Jalan Raya Tlekung Desa Tlekung Kecamatan Junrejo,” jelas Dewanti
Adapun untuk cold storage juga akan dibangun di tanah aset milik Pemkot Batu. Yaitu, aset yang ada di sekitar BPP Dinas Pertanian yang berada di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu.
Menanggapi tiga proyek besar yang menjadi prioritas pemkot tersebut, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi sangat mendukung dan mendorong agar bisa terealisasi tahun ini. Namun ia berharap pembangunan bisa direncanakan mulai DED dan penganggaran dengan matang.
“Kami mendukung program prioritas Pemkot Batu. Kami juga telah anggarkan agar program tersebut bisa selesai sebelum 2022,” ujar Asmadi. [nas]

Tags: