Pemberhentian Sementara Umroh, Kemenag Bondowoso Imbau Warga Tetap Tenang

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bondowoso,H Saiful Badri, (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Menanggapi pemberhentian sementara pemberangkatan Umroh, dari semua negara oleh Pemerintah Arab Saudi. Kementerian Agama (Kemenag) Bondowoso menghimbau warga yang sudah mendaftar agar tetap tenang.
Dimungkinkan, pemberhentian sementara itu untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Karena mengingat negara Raja Salman tersebut juga ikut terdampak.
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bondowoso, H Saiful Badri meminta warga Kota Tape ini yang sudah mendaftar Haji ataupun Umroh untuk mempercayakan kepada penyelenggara.
“Untuk masyarakat Kabupaten Bondowoso percayakanlah kepada penyelenggara.
Ini kejadian luar biasa, tidak diketahui sebelumnya. Tentu meresahkan. Tapi yang jelas msayarakat harus tetap tenang,” imbaunya, Jum’at (28/2).
Menurutnya, pemerintah masih melobi Arab Saudi. Paling tidak yang sudah keluar visa diberangkatkan. Dia mengaku, bahwa pusat meminta Kemenag kabupaten/kota yang bertugas untuk memberikan rekomendasi kepada penyelenggara umroh.
“Penyelenggara Ibadah Umroh (PIU) di Bondowoso yang resmi dua, yakni yang ada izinnya. Selebihnya sifatnya agen,”akuinya.
H Saiful membeberkan, bahwa informasi terkini dari hasil rapat Wapres dengan Menlu diupayakan, kalau sudah ada Visa wajib diberangkatkan.
“Kasihan jamaah. Kalau tidak keluar tidak masalah, tapi tetap tanggung jawab penyelenggara Umrah,” imbuhnya.
Ia pun berharap masalah Corona ini cepat selesai. Sehingga Arab Saudi bisa membuka kembali, bagi masyarakat dari berbagai negara untuk menjalankan ibadah Umrah.[san]

Tags: