Pembinaan Adiwiyata Diserahkan Pemda

Indra Wiragana

Indra Wiragana

Pemprov Jatim, Bhirawa
Ke depan, pembinaan terhadap sekolah untuk bisa menyandang Adiwiyata akan diserahkan melalui Pemkab/kota. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengunggah kesadaran dan tanggung jawab Pemkab/kota di Jatim, utamanya kepala daerah agar peduli dalam berkepentingan terhadap lingkungan.
Selama ini, dalam melangsungkan pembinaan Adiwiyata dilakukan Pemprov Jatim melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim. Diharapkan, jika pembinaan dilakukan Pemkab/kota, maka hasilnya maksimal dan bisa dipertanggungjawabkan.
Kepala BLH Jatim, Indra Wiragana SH melalui Kepala Bidang Komunikasi Lingkungan Hidup, Uda Harisasono mengatakan, saat ini masih ada Pemkab/kota yang tak terlalu mempedulikan masalah tersebut, sebut saja Jember. Kini Jember masih dianggap pasif. Padahal, kabupaten ini dulunya termasuk aktif dalam kegiatan Adiwiyata.
Kepasifan itu diantaranya disebabkan kurangnya kepedulian dari kepala daerahnya terhadap lingkungan. “Masih ada Kabupaten lainnya yang seperti itu, misalnya Ngawi. Namun, Ngawi masih berupaya untuk aktif dalam kegiatan Adiwiyata ini. Biasanya justru dari pihak sekolah yang tergerak, namun kalau tidak ada dukungan sama saja,” ujarnya.
Selain dua kabupaten itu, lanjutnya, kab/kota lainnya masih aktif dalam kegiatan Adiwiyata. “Sebenarnya sejak RSBI (rintisan sekolah bertaraf internasional) dibubarkan, kini lembaga pendidikan mencari predikat agar sekolahnya tetap dilirik, salah satu dengan predikat Adiwiyata,” katanya, , Minggu (20/4).
Selanjutnya, dijelaskannya, kalau saat ini penilaian Adiwiyata telah usai dilakukan tim penilai provinsi Jatim. Selanjutnya hasilnya Jatim mengusulkan 22 adiwiyata mandiri dan 81 adiwiyata nasional ke tim penilai Kementerian Lingkungan Hidup RI.
Seperti diketahui, program Adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi bagi sekolah agar dapat menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid, karyawan sekolah). Yang diwujudkan dalam pengembangan kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan dan sarana pendukung sekolah yang semuanya berbasis dan berbudaya lingkungan.  [rac]

Rate this article!
Tags: