Pembinaan Harus Berjalan Meski Pemerintahan Berganti

254901_rumah-bola-kemenpora_209_157Jakarta,  Bhirawa
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo berharap pembinaan olahraga yang selama ini sudah ada tetap berjalan sesuai dengan program meski pemerintahan sebentar lagi akan berganti.
“Program yang ada harus tetap berjalan. Dengan demikian pembinaan tidak boleh terganggu meski ada pergantian pemerintahan,” kata Roy Suryo di sela buka bersama dengan komunitas olahraga di Wisma Kemenpora Jakarta, Selasa.
Menurut dia, pergantian pemerintahan memang seharusnya tidak mengubah apa yang telah berjalan terutama dalam sistem pembinaan olahraga. Hal ini dilakukan agar sistem pembinaan yang telah berjalan tidak terputus.
“Seperti di Thailand. Meski pemerintahannya berganti, sistem pembinaan olahraganya ya tetap berjalan sesuai dengan program yang ada,” katanya menambahkan.
Roy menjelaskan, dengan sistem pembinaan yang berkesinambungan diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet potensial dan bisa menggantikan atlet-atlet senior yang selama ini menjadi tulang punggung Indonesia pada kejuaraan internasional.
Saat ini pembinaan yang mulai berjalan dengan program diantaranya cabang angkat besi. Dua atlet muda potensial yaitu Sri Wahyuni dan Sarah Anggraini bahkan mampu mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan dunia junior di Kazan, Rusia.
Selain itu, sepak bola juga mulai menunjukkan kembangkitan. Timnas Indonesia U-19 mulai bisa bersaing dilevel Asia Tenggara yang sebentar lagi akan turun di Piala Asia 2014 di Myanmar. Begitu juga dengan tenis. Tami Grende menjuarai nomor ganda Wimbledon 2014.
Sementara itu pada acara buka bersama dengan komunitas olahraga selain dihadiri oleh siswa-siswi sekolah olahraga Ragunan juga dihadiri oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo juga diihadiri oleh pengurus cabang olahraga.
Kepada komunitas olahraga, Menpora Roy Suryo yang sebentar lagi habis masa kerjanya meminta untuk tetap bekerja keras untuk memajukan olahraga Indonesia agar bisa bersaing ditingkat regional maupun internasional.
“Banyak kejuaraan internasional yang akan dihadapi mulai dari Asian Games, SEA Games 2015 maupun Olimpiade 2016. Kami berharap semuanya bisa maksimal,” kata pria yang juga ahli telematika itu. [ant.ira]

Tags: