Pemerintah Kabupaten Blitar Lakukan Rapid Test Massal

Drs. H Rijanto, MM

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mulai melaksanakan Rapid Test massal di pusat keramaian seperti pasar tradisional sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Blitar.
Ketua Gugus Tugas Kabupaten Blitar, Totok Subihandono mengatakan pelaksanaan Rapid Test Corona massal dinilai sangat penting dilakukan utamanya di tempat umum terlebih dahulu yang saat ini sudah berjalan di pasar-pasar tradisional Kabupaten Blitar, kemudian jika semua sudah selesai maka akan menyasar di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Blitar.
“Mengingat sebagian besar pelayanannya banyak bersinggungan langsung dengan banyak orang. Sehingga demi keselamatan bersama, harus dilakukan pemeriksaan atau Rapid Test Corona secara massal termasuk ASN,” kata Totok Subihandono.
Lanjut Totok, pihaknya juga terus mengajak masyarakat supaya tidak jenuh membudidayakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), karena melalui langkah tersebut menjadi senjata andalan ketika memerangi persebaran Virus Corona.
“Berbagai cara kami lakukan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Kabupaten Blitar, untuk itu kami mengajak semua pihak untuk bekerjasama,” jelasnya.
Pelaksanaan Rapid Test Massal, Bupati Berharap Kabupaten Blitar Terbebas dari Virus Corona
Bupati Blitar, Drs. H Rijanto, MM juga menegaskan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona di Kabupaten Blitar, Rapid Test massal sangat diperlukan seperti di tempat umum seperti pasar dan tempat umum lainnya, sehingga bisa mengetahui perkembangan persebaran Virus Corona di wilayahnya selama ini.
“Sehingga jika hasilnya reaktif, maka semuanya langsung dianjurkan untuk menjalani karantina mandiri pada saat mengikuti Rapid Test massal,” kata Bupati Rijanto.
Bahkan dikatakan Bupati Rijanto, pihaknya juga segera melaksanakan Rapid Test di kalangan ASN yang dianggap sangat perlu, utamanya OPD yang menangani pelayanan dan berhubungan langsung dengan masyarakat.
“Ini dilakukan selain untuk mengetahui penyebaran, juga mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan ASN Kabupaten Blitar,” imbuhnya. [htn]

Tags: