Pemerintah Kabupaten Blitar Siap Berikan Siltap Kades Minimal Rp2,4 Juta

Mujianto. [Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Implementasikan aturan baru, mulai 2020 ini Pemerintah Kabupaten Blitar berikan penghasilan tetap Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Blitar minimal mencapai Rp 2,4 Juta.
Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2019, Penghasilan Tetap (Siltap) Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), dan Perangkat Desa lainnya termasuk dalam anggaran APBDesa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) gaji yang diberikan kepada Kades paling sedikit, yaitu Rp. 2,4 juta.
“Mulai tahun ini sebagai implementasi PP tersebut di Jawa Timur mayoritas baru akan dilakukan Januari 2020 ini termasuk di Kabupaten Blitar,” kata Mujianto.
Lanjut Mujianto, menurutnya ADD Kabupaten Blitar masih memadai untuk menyesuaikan Siltap Perangkat Desa. Dimana sesuai aturan itu, Siltap untuk Kades minimal setara dengan 120 persen dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II/a. Sementara gaji yang didapatkan oleh seorang Sekdes tidak berbeda jauh dengan Kades, yakni Rp. 2,2 juta atau setara dengan 110 persen dari gaji PNS golongan II/a. Untuk Perangkat Desa lainnya sekitar Rp. 2 juta atau setara dengan 100 persen gaji PNS golongan II/a. “Selama ini Siltap Kades sudah sesuai PP itu, dimana mayoritas sudah menerima gaji mencapai Rp 3 juta,” jelasnya.
Tambah Mujianto, jika Perangkat Desa ingin lebih sejahtera, maka duperkenankan menambah penghasilan melalui pendapatan asli desa sesuai dengan kemampuan keuangan desa.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib berharap dengan adanya Siltap Kades, Sekdes dan Perangkat Desa tersebut bisa meningkatkan kinerja serta melaksanakan tugasnya dengan maksimal kepada masyarakat. 
“Karena tugas utamanya Kades beserta perangkat adalah melayani masyarakat dan menjalankan Pemerintah Desa sebagai implementasi dari Pemkab Blitar di Desa,” jelasnya. [htn]

Tags: