Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Sediakan 40 Ruang Observasi

Wakil Bupati Sidoarjo dan Sekda Sidoarjo saat meninjau kesiapan ruang-ruang observasi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam menambah layanan penanganan terhadap pencegahan virus Covid-19. Pemkab Sidoarjo telah mempersiapkan sebanyak 40 ruang untuk observasi pasien. Ruang-ruang yang sebelumnya dipakai sebagai tempat penginapan peserta Diklat (Pendidik dan Pelatihan) kini dimanfaatkan menjadi ruang observasi.
Kesiapan ruang observasi yang terletak dalam satu area Kantor BKD Sidoarjo juga telah dilihat langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Sekretaris Daerah Sidoarjo Ahmad Zaini beserta jajaran terkait. “Kami sudah melihat langsung kondisi ruang-ruang observasi tersebut. Tempat-tempat tidur dan sarana prasarana kesehatan juga telah siap sedia, termasuk para petugas medis juga sudah ada,” terang Nur Ahmad Syaifuddin, Rabu (29/4) kemarin.
Ia katakan, kalau ruangan yang digunakan untuk observasi itu sebanyak 40 ruangan. Namun untuk sementara ini kami hanya bisa menyediakan sebagian kecila saja, akan kami lakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. “Nanti bila ada warga yang sudah dinyatakan positif bisa ditempatkan di ruang observasi tersebut. Tapi saya harap jangan sampai ada, kalau tidak ada berarti Alhamduillah warga kita sehat semuanya,” harap Nur Ahmad Syaifuddin.
Kementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr Syaf Satriawarman kalau ruang observasi tersebut telah dilengkapi dengan alat-alat medis dan petugas medis, seperti stetoskop dan alat pengukur tekanan darah. Untuk petugas medisnya ada dokter, perawat serta apoteker. “Lokasinya sangat dekat sekali dengan RSUD Sidoarjo, sehingga mobilitasnya juga cukup mudah,” jelas Syaf Satriawarman.
Pemilihan ruang observasi di tempat penginapan Balai Diklat BKD Sidoarjo telah dibahas dalam rapat Panitia Kerja (Panja) DPRD Sidoarjo beberapa hari lalu. Hasil rapat dengan Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dan Sekretaris Daerah itu, memutuskan tempat penginapan Balai Diklat BKD Kabupaten Sidoarjo yang menjadi ruang observasi tambahan pasien Covid-19.
Ketua Panja DPRD Choirul Hidayat mengungkapkan telah memanggil Tim Gugus Tugas, yang dihadir Kadinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman dan Sekda Sidoarjo Achmad Zaini. Dalam pembahasannya di ruang Paripurna DPRD Sidoarjo itu, pihak Gugus Tugas menyampaikan jika telah memutuskan untuk menggunakan salah satu gedung di BKD Jalan Majapahit sebagai alternatif ruang observasi. [ach]

Tags: