Pemerintah Kabupaten Tulungagung Tambah Rp6 M Bangun Pasar Ngunut

Sejumlah toko hangus pasca kebakaran Pasar Ngunut pada tanggal 8 November 2019 lalu.

Tulungagung, Bhirawa
Pemkab Tulungagung melakukan penambahan dana untuk pembangunan Pasar Ngunut. Dari yang semula direncanakan Rp 10 miliar menjadi Rp 16 miliar dari dana keseluruhan pembangunan yang menelan biaya Rp 34,2 miliar.
Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung, Imroatul Mufidah, Kamis (6/2), mengungkapkan penambahan dana dari Pemkab Tulungagung akibat bantuan dari Pemerintah Pusat dipastikan hanya Rp 6,2 miliar. Menurun dari yang direncanakan sebelumnya Rp 12 miliar.
“Memang ada perubahan komposisi anggaran dari rencana semula. Untuk yang dari APBN (Pemerintah Pusat) sekarang menjadi Rp 6,2 miliar,” ujarnya.
Namun demikian, lanjut dia, pengurangan anggaran dari Pemerintah Pusat tidak mempengaruhi desain pembangunan Pasar Ngunut dari yang direncanakan semula. Ini karena jumlah dana yang dianggarkan secara keseluruhan sama yakni sebesar Rp 34 miliar.
Seperti diberitakan, untuk pembangunan Pasar Ngunut yang terbakar belum lama ini sudah direncanakan menelan biaya Rp 34 miliar. Besaran biaya tersebut ditanggung Pemerintah Pusat melalui APBN sebesar Rp 12 miliar, Pemprov Jatim (APBD Jatim) Rp 12 miliar dan Pemkab Tulungagung (APBD Kabupaten Tulungagung) Rp 10 miliar.
Menurut Imroatul, saat ini progres pembangunan kembali Pasar Ngunut sudah dalam tahap pelelangan Detail Engineering Design (DED). Dan rencananya pada akhir tahun 2020 ini sudah selesai dibangun. “DED Pasar Ngunut sudah dilakukan pelelangan oleh ULP (Unit Layanan Pengadaan) Pemkab Tulungagung,” terangnya.
Di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Tulungagung, Kamis (6/2), disebutkan untuk Paket Perencanaan Pembangunan Pasar Rakyat Ngunut pada Kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Pemeliharaan Pasar sebesar Rp 525 juta dan Konsultansi Manajemen Konstruksi (MK) Pembangunan dan Revitalisasi Pasar Rakyat Ngunut pada Kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Pemeliharaan Pasar sebesar Rp 749,5 juta masih dalam masa sanggah prakualifikasi.
Pembangunan Pasar Ngunut akan mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan. Konsepnya merupakan pasar rakyat dengan satu lantai. (wed)

Tags: