Pemerintah Kota Pasuruan Tumbuh Kembangkan Ekonomi Kreatif melalui Festival Kopi

Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf bersama Wawali Pasuruan Adi Wibowo saat di acara Festival Kopi di Gedung Harmonie, Kota Pasuruan, Selasa (27/9) malam. [Bhirawa/Hilmi Husain]

Kota Pasuruan, Bhirawa.
Ekonomi kreatif anak-anak muda di Kota Pasuruan semakin diperhatikan oleh Pemkot Pasuruan. Terbaru, Pemkot Pasuruan menggelar Festival Kopi di Gedung Harmonie, Kota Pasuruan. Festival tersebut tak lain untuk menggali potensi-potensi anak muda dalam meracik biji kopi. Dalam kesempatan ini, puluhan anak-anak muda dikenalkan cita rasa aneka biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi meracik dan menyajikan kopi juga untuk meningkatkan keahlian barista-barista muda.

Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf mengapresiasi kegiatan Festival Kopi tersebut. Tentu saja, festival seperti ini akan menumbuhkembangkan industri kreatif di Kota Pasuruan. “Saya sangat apresiasi kegiatan ini. Terlebih kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga serta komunitas Sedulur Kopi Pasuruan. Ini juga menjadi pemicu bagi pengembangan industri kreatif yang dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan,” tanda Gus Ipul sapaan akrabnya, Selasa (27/9) malam.

Selain kegiatan seperti itu harus sering dilaksanakan, diharapkan ada tempat khusus yang permanen menjadi tujuan masyarakat menikmati produk-produk dari anak muda Kota Pasuruan. Tentu yang terlibat langsung di dalam industri kreatif, terutama yang berhubungan dengan kopi.

“Yang saya inginkan, kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap malam, bukan setahun pada semalam hari. Sedangkan biayanya dari pengembangan ekonomi kretif. Dan malam ini, anak-anak muda mencoba bisnis kulinernya yang merupakan kreativitas dari teman-teman,” tambah Gus Ipul.[hil.ca]

Tags: