Pemesanan Tiket KA Lokal Sudah Bisa Dibeli Melalui KAI Access

Penumpang KA saat menunjukkan tiket yang dibelinya melalui aplikasi KAI Access kepada petugas sebelum masuk ke dalam stasiun Gubeng Surabaya.

Surabaya, Bhirawa
Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metoda pembayaran menggunakan ‘LinkAja’ yang dimulai 1 Maret 2019.
Bagi pengguna yang ingin mendapatkan layanan tersebut, pengguna harus melakukan update Aplikasi KAI Accessnya terlebih dahulu menjadi versi terbaru dan pembelian tiket KA Lokal dilakukan pada menu Local Train di aplikasi KAI Access.
Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yakni ada KA yang bisa dipesan H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan) dan ada yang bisa dilakukan hanya dengan pembelian langsung (Go Show) selama tiket masih ada.
“KAI melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal. Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” terangnya, Senin (4/3).
Suprapto berharap dengan kemudahan pemesanan ini, bisa semakin meningkatkan jumlah penumpang KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. “Tercatat pada tahun 2017, jumlah penumpang KA Lokal di wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 5.413.358 penumpang. Lalu di tahun 2018, naik sebesar 8 persen menjadi 5.585.342 orang,” jelasnya.
Sementara untuk pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku satu identitas penumpang hanya untuk satu relasi/rute KA pada hari yang sama. Nantinya penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Sedangkan tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.
Selain itu untuk pemesanan melalui KAI Access dapat dilakukan dengan cara memilih menu local train, kemudian pilih stasiun asal dan stasiun tujuan KA lokal lalu klik tombil ‘Cari Tiket’. Selanjutnya pilih KA lokal sesuai dengan jam keberangkatan yang diinginkan dilanjutkan dengan melakukan konfirmasi (pastikan jadwal KA lokal yang ditampilkan telah sesuai dengan yang dipilih pada tahap sebelumnya).
Sebelum melakukan pembayaran, pastikan membaca halaman syarat dan ketentuan. Setelah itu lakukan pembayaran dengan memilih tipe pembayaran yang tersedia hingga proses berhasil. E-ticket KA lokal dapat dilihat pada menu My Trips, kemudian klik halaman Local Train.
Berikut daftar nama KA lokal yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, mulai 1 Maret 2019 ini: KA Komuter relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan/pp. (Penjualan Langsung/Go Show), KA Komuter relasi Surabaya Kota -Porong/pp. (Penjualan langsung/ Go Show), KA Jenggala relasi Sidoarjo-Mojokerto/pp. (Pemesanan H-7).
KA Tumapel relasi Malang -Surabaya Gubeng- Surabaya Kota/pp. (Pemesanan H-7), KA Dhoho – Penataran relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar/ pp (Pemesanan H-7), KA Penataran – Dhoho relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar /pp. (Pemesanan H-7), KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono – Surabaya Kota/pp. (Pemesanan H-7), KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasar Turi – Sidoarjo /pp (Pemesan H-7)., KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo – Bojonegoro /pp (Pemesanan H-7). [riq]

Tags: