Pemilih Meningkat, Jumlah TPS Pilpres di Jember Menyusut

celup-tintaJember, Bhirawa
Meski jumlah pemilih dalamPilres 2014 mendatang mengalami peningkatan, namun diprediksi jumlah TPS mengalami penyusutan dalam Pilpres yang digelar 9 Juli mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPU Jember Hnan Kukuh Ratmono kepada sejumlah media diruang kerjanya, Rabu (21/5) kemarin.
Menurut Hanan, penambahan jumlah pemilih ini juga tidak tanggung-tanggung, karena angkanya mencapai 30 ribu orang. Tambahan jumlah ini berasal dari kalangan pemilih pemula dan masyarakat yang saat Pileg lalu, tidak masuk dalam DPT.
“Jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) saat Pemilu Legeslatif (Pileg) lalu, sebanyak 1.729.610 orang. Namun, untuk Pilpres nanti bakal ada penambahan sekitar 30 ribuan pemilih, sehingga jumlah total DPS untuk Pilpers Tanggal 9 Juli mendatang, membengkak menjadi 1.755.565 pemilih,” katanya.
Dari jumlah sebanyak itu, 870.787 pemilih diantaranya berjenis kelamin laki-laki, sementara untuk perempuan berjumlah 884.778 pemilih, yang tersebar di 248 desa/kelurahan di Kabupaten Jember. DPS yang membengkak ini terjadi, untuk mengakomodir hak suara masyarakat Jember, utamanya kalangan pemilih pemula maupun masyarakat lainnya, yang pada saat Pileg kemarin masih belum masuk dalam DPT.
“Namun, KPU Jember masih akan melakukan pemeriksaan dan pemutakhiran DPS ini, untuk kemudian ditetapkan menjadi DPT Pemilu Presiden. Sementara untuk tahapan penetapan DPS menjadi DPT,kemungkinan akan dilakukan pada pertengahan Juni nanti,” katanya. [efi]

Tags: