Pemilu 2014, PNS Pemkab Blitar Harus Netral

Drs Mujianto

Drs Mujianto

Program Kerja Bakesbangpol Kabupaten Blitar

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar diminta menjaga netralitasnya.
Pasalnya netralitas PNS dalam Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini sifatnya wajib, dimana keterangan ini seperti diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar, Mujianto.
“Pada pelaksanaan Pemilu tahun 2014 ini, baik Pileg maupun Pilpres semua PNS Lingkup Pemkab Blitar harus Netral,” kata Drs. Mujianto.
Lanjut Drs. Mujianto, menurutnya hal ini dilakukan karena sesuai dengan UU no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dimana pada pasal 9 disebutkan PNS harus bebas dari pengaruh dan intervensi Partai Politik (Parpol) manapun.
“Artinya PNS tidak boleh ikut kampanye maupun mendukung pemenangan salah satu Partai Politik (Parpol) maupun Calon Anggota Legislatif atau Caleg,” ujarnya.
Namun jika diketahui masih ada PNS yang tetap bandel untuk tetap memihak pada salah satu Parpol dan Caleg. Maka yang bersangkutan akan diberikan sanksi.
“Namun jika diketahui ada PNS yang masih nekad ikut parpol atau mendukung caleg akan ada sanksi, mulai dari sanksi ringan secara administrasi hingga sanksi yang paling berat yaitu pemberhentian dengan tidak hormat,” tegasnya.
Untuk itu Mujianto berharap dalam setiap kesempatan PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Blitar selalu diingatkan untuk tidak pernah bersinggungan dengan dunia politik, baik pada pelaksanan Pileg yang akan berlangsung pada tanggal 9 April mendatang untuk coblosannya dan pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli mendatang.
“Sebaiknya semua PNS untuk saling menjaga Netralitasnya, baik pelaksanaan Pileg maupun Pilpres. Sehingga sebagai aparatur negara kita bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab¬† kepada masyarakat dengan baik,” jelasnya.
Disisi lain pihaknya juga akan selalu memberikan sosialisasi dan informasi tentang pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2014 ini, dimana pihaknya berharap pelaksanaan Pemilu tahun 2014 ini bisa berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan sehingga masyarakat Kabupaten Blitar bisa damai, aman, tenteram dan kondusif pada saat pelaksanaan Pemilu dan pasca Pemilu tahun 2014 ini.
“Sebagai Pemerintah, tentunya kami juga berharap pelaksanaan Pemilu tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu berbagai pihak dan masyarakat kami harapkan bisa saling menjaga kondusifitas lingkungan atau daerahnya masing-masing,” ujarnya.¬† [htn]

 

Tags: