Pemkab Blitar Distribusikan 41 Ribu Dosis Vaksin Hewan

Tampak petugas kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar saat melakukan vaksinasi kepada hewan ternak di Kabupaten Blitar. [Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar sudah melakukan distribusi vaksin hewan ternak dua kali yang totalnya telah mencapai 41 ribu dosis.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan untuk droping vaksin hewan ternak di Kabupaten Blitar sudah dua kali, dimana sampai saat ini telah terdistribusikan sebanyak 41 ribu dosis.

“Sampai saat ini sebanyak 41 ribu dosis vaksin hewan ternak sudah didroping ke seluruh peternak di Kabupaten Blitar,” kata Toha Mashuri, Kamis (18/8).

Lanjut Toha, dari total droping 41 ribu vaksin hewan ternak di Kabupaten Blitar, untuk tahap pertama sebanyak 13 ribu dosis, kemudian untuk tahap kedua mendapat dua kali lipat lebih dari tahap pertama, yaitu 28 ribu dosis.

“Untuk droping pertama sudah terealisasi sebanyak 12.900 ekor sapi, dan capaian itu dianggap sudah 100 persen,” ujarnya. Selain itu dikatakan Toha, sedangkan untuk droping tahap kedua sudah direalisasikan sebagian dan sekarang masih berjalan, dimana data terakhir diterimanya hingga 15 Agustus 2022 sudah direalisikan sebanyak 13.402 dosis.

“Realisasi vaksin hewan ternak untuk tahap kedua telah diberikan untuk semua jenis hewan ternak baik sapi, kambing, babi, maupun kerbau,” jelasnya.

Tambah Toha, dengan jumlah total vaksin yang sudah didapat sekitar 41 ribu dosis tersebut dinilai masih kurang, karena menurutnya untuk sapi perah saja terdata sekitar 12.572 ekor.

“Dan ini belum termasuk sapi di PT Greenfield, kemudian untuk sapi penggemukan populasi sekitar 149.612 ekor. Sehingga dari jumlah vaksin hewan ternak yang ada masih sangat kurang,” pungkasnya. [htn.dre]

Tags: