Pemkab Blitar Jamin Hewan Kurban Aman

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Kab Blitar, Bhirawa
Pemkab Blitar menjamin aman jumlah hewan kurban untuk peringatan Hari Raya Iduladha 1436 H/2015 yang akan dilaksanakan pada Kamis (24/9) lusa. Hal ini seperti diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Kab Blitar, Mashudi yang memastikan ketersediaan hewan kurban  aman.
“Kami jamin aman jumlah hewan kurban di Kab Blitar, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan hewan kurban yang ada di pasar hewan,’’ kata Mashudi.
Ditambahkan Kasi Hygiene dan Sanitasi Kesmavet Dinas Peternakan Kab Blitar, Muhamad Imadudin, seperti ketersediaan hewan kurban khususnya kambing, menjelang Hari Raya Iduladha tahun ini sangat memadai dan tak mengalami kekurangan.
‘’Dibandingkan tahun lalu ketersediaan, hewan kurban sama dengan pada tahun ini. Hingga kini ketersediaan hewan kurban masih banyak di semua pasar hewan yang ada di Kab Blitar,’’ jelas Muhamad Imadudin.
Selain itu, pihaknya juga telah melakukan Sidak di beberapa pasar hewan seperti di pasar hewan Sutojayan dan Lodoyo pada 18 September lalu. Dari pantuan di lapangan hampir semua kambing yang dijual kepada konsumen langsung secara keseluruhan layak dengan fisik sehat yang dilihat melalui kualitas kulit yang mengkilap, keaktifan dari hewan itu, cuping hidung serta bisa dilihat dari mata yang sehat dari kambing kurban yang dijual.
‘’Ada juga hewan yang memiliki sakit kulit seperti kudis, namun hal itu tidak masalah karena yang diambil saat penyembelihan adalah dagingnya dan kondisinya tak terlalu parah,’’ ujarnya.
Bahkan pihaknya juga menemukan jenis penyakit lainya, seperti diare dan Pink Eye yang merupakan penyakit mata pada kambing dengan warna mata berwarna putih penuh, namun menurutnya penyakit-penyakit seperti itu tak begitu bermasalah dan diharapkan masyarakat tak perlu khawatir dengan adanya indikasi-indikasi itu.
‘’Kami berharap masyarakat juga bisa memilih hewan kurban yang baik dan layak. Memang ada beberapa hewan yang memiliki penyakit, namun tak semuanya,’’ imbuhnya.
Sementara perlu diketahui sebelumnya Dinas Peternakan Kab Blitar juga telah melakukan pencegahan virus anthrax terhadap calon hewan kurban di Kab Blitar dengan memberikan vaksinasi pada sapi utamanya.
Selain itu jika melihat rekam jejak sebelumnya, sempat adanya bakteri Anthrax terhadap hewan Sapi milik warga Desa Kendal Rejo, Kec Srengat Kab Blitar, sehingga Dinas Peternakan Kab Blitar akan lebih berhati-hati lagi, serta meminta kepada semua warga Kab Blitar khususnya para peternak untuk melakukan vaksinasi serta segera melaporkan ke Dinas Peternakan Kab Blitar jika melihat gejala-gejala terkena bakteri Anthrax pada hewan peliharaanya. [htn]

Rate this article!
Tags: