Pemkab Blitar Lelang Puluhan Kendaraan Dinas

Khusna Lindarti

Pemkab Blitar, Bhirawa
Tertibkan aset kendaraan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar lelang puluhan kendaraan dinas berupa sepeda motor hingga mobil. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan pihaknya kini tengah melakukan lelang terhadap puluhan kendaraan, baik roda 2, 3, maupun 4 yang usianya lebih dari lima tahun.
“Untuk jadwal lelang sudah dilakukan sebanyak delapan kali, terhitung mulai 30 Januari 2020 hingga 12 Februari 2020,” kata Khusna Lindarti.
Lanjut Khusna Lindarti, untuk total kendaraan dinas yang dilelang sebanyak 47 kendaraan plat merah, dimana lelang kendaraan dilakukan juga dalam rangka penertiban aset yang dinilai sudah tidak layak digunakan.
“Dalam proses lelang ini Pemkab Blitar bekerjasama dengan Kepala Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KKPNL) Malang,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Khusna Lindarti, untuk proses lelang ini membutuhkan waktu yang lama, karena sebelum digelar lelang harus dilakukan penilaian oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).
“Melihat mekanismenya, waktu pelaksanaan lelang tidak bisa dipastikan, sebab menyesuaikan keberadaan barang yang akan dilelang, dan sebelum tahun ini, lelang juga pernah dilakukan sejak 2012 lalu,” ujarnya.
Sementara perlu diketahuilelang puluhan kendaraan itu sudah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Blitar teranggal 26 November 2019, serta surat Kepala Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KKPNL) Malang tertanggal 21 Januari 2020 tentang penetapan jadwal lelang. Cara penawaran lelang sendiri bisa dilakulan secara online dengan mengakses url http://www.lelang.go.id.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib juga berharap pelaksanaan lelang dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, dimana dilakukan melalui Kepala Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KKPNL) Malang.
Bahkan pihaknya juga berharap dengan pelaksanaan lelang ini juga akan mengurangi biaya operasional kendaraan dinas yang dinilai sudah tidak layak lagi.
“Pemkab juga harus bisa merencanakan penghapusan melalui lelang kendaraan ini dengan terencana, agar kendaraan yang sudah tidak layak bisa segera dilelang agar tidak membebani biaya operasional,” pungkasnya. [htn]

Tags: