Pemkab Blitar Mulai Buka Destinasi Wisata

Suhendro Winarso

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mulai membuka destinasi wisata di Kabupaten Blitar dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, kini Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) memastikan bahwa seluruh destinasi wisata yang sudah mendapat rekomendasi buka dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Jika diketahui melanggar akan dikenakan sanksi tegas dari Pemerintah Daerah,” kata Suhendro Winarso.

Lanjut Suhendro Winarso, sebagai dasar ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Baru, dimana kini pihaknya terus melakukan evaluasi secara daring dengan pengelola setiap destinasi wisata untuk melaporkan setiap perkembangan di masing-masing wisata.

“Apabila di setiap tempat wisata ditemukan tidak menerapkan sejumlah kriteria protokol kesehatan, Dinas Pariwisata dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera melangkah dan mengambil tindakan tegas,” tegasnya.

Bahkan dikatakannya ini dilakukan agar destinasi wisata yang sudah buka, benar-benar untuk lebih berdisiplin menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Blitar.

“Kami juga tidak ingin ada kluster baru dari destinasi wisata di Kabupaten Blitar, sehingga kami tegaskan untuk lebih ketat lagi kepada pelaku usaha wisata di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Tambah Suhendro, pihaknya juga menekankan kepada seluruh masyarakat maupun pengunjung lokasi wisata sebelum berpergian ke tempat wisata di kabupaten Blitar selalu memakai masker, menjaga jarak fisik minimal 1,5 meter dan membawa hand sanitizer.

“Agar semua bisa aman dari penyebaran Covid-19, serta memberikan jaminan aman bagi para wisatawan dari luar Kabupaten Blitar,” imbuhnya. [htn]

Tags: