Pemkab Blitar Refocusing Anggaran Tahun 2021 Sebesar Rp. 63 Miliar

Khusna Lindarti

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kembali melakukan Refocusing anggaran tahun 2021 yang totalnya mencapai Rp. 63 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan setelah melalui pembahasan Pemkab Blitar akhirnya melakukan refocusing APBD tahun 2021 mencapai Rp. 63 miliar.

“Anggaran ini untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Blitar,” kata Khusna Lindarti.

Lanjut Khusna Lindarti , adanya refocusing anggaran ini menurutnya sudah sesuai dengan Peratuan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17 tahun 2021, diantaranya berisi bahwa 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) harus digunakan untuk penanganan Covid-19 dan vaksinasi.

“Kemudian juga berisi terkait adanya penurunan DAU di Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Selain itu dikatakannya ini juga dalam rangka memenuhi kekurangan 8 persen yang membutuhkan sekitar Rp. 83 miliar untuk penanganan kesehatan dibidang Covid-19, dimana pihaknya sudah mengalokasikan anggaran ke Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit sekitar Rp 55 miliar, baik yang memang sudah terpasang diinduk tahun 2021 maupun dari tambahan melalui anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Dari Rp. 50 miliar yang sudah disediakan di BTT, sekitar Rp. 42 miliar digeser untuk penanganan Covid-19, sehingga masih ada kekurangan Rp. 28 miliar yang akhirnya melakukan refocusing ke OPD-OPD senilai Rp. 63 miliar untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Tambah Khusna, dari hasil pembahasan refocusing senilai Rp. 63 miliar, sudah disampaikan ke Kemendagri, sedangkan refocusing anggaran terbesar berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). [htn]

Tags: