Pemkab Blitar Siap Sukseskan Pileg 2014

H Herry Noegroho, SE, MH

H Herry Noegroho, SE, MH

(Program Kerja Bakesbangpol Kabupaten Blitar)
Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014.
Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH berharap besar pelaksanaan Pileg 9 April 2014 besok dapat berjalan dengan sukses tanpa ada sesuatu  yang tidak diinginkan. Bahkan seluruh jajaran Pemkab Blitar telah diinstruksikan untuk membantu dan memfasilitasi pelaksanaan Pileg tahun 2014 ini.
“Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif pada 9 April 2014 di Kabupaten harus sukses dan berjalan dengan aman dan lancar,” kata Herry Noegroho. Selain itu pelaksanaan Coblosan Pileg 2014 yang tinggal hitungan hari saja, pihaknya juga berharap masyarakat bisa menjaga kondisi lingkungan masing-masing untuk tidak terprovokasi oleh hal-hal yang menyesatkan.
“Musim pemilu akan ada banyak hal-hal atau informasi yang menyesatkan. Untuk itu kami juga menghimbau kepada masyarakat waspada serta menjaga kondusifitas lingkungan masing-masing demi kerukunan dan keamanan masing-masing,” ujarnya.
Di sisi lain, lancar dan suksesnya pelaksanaan Pileg pada 9 April besok juga sebagai cermin demokrasi di Kabupaten Blitar yang bisa berjalan dengan baik, aman dan lancer. Pelaksanaan Pileg 2014 ini sebagai awal mula pelaksanaan tahun Politik di Kabupaten Blitar, selanjutnya akan diteruskan pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang.
“Kami berharap awal pelaksanaan tahun Politik ini akan berdampak baik, sebab selain Pileg segera dilaksanakan Pilpres pada bulan Juli mendatang,” jelasnya.
Ditambahkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar, Drs. Mujianto, untuk mensukseskan pelaksanaan Pileg 2014 ini pihaknya selalu melakukan monitoring dan berkoordinasi langsung dengan lintas ektoral. Baik jajaran Pemkab Blitar sendiri juga pihak lain seperti KPU Kabupaten Blitar, Polres Blitar, Polres Blitar Kota, Kodim 0808 Blitar serta jajaran lainnya untuk menjaga kondusifitas dan hal-hal yang tak terduga jangan sampai terjadi sehingga pelaksanaan Pileg 2014 di Kabupaten Blitar bisa berjalan dengan  aman dan lancar.
“Untuk membantu pengamanan di Tempat Pemungutan Suara atau TPS juga kami perbantukan Linmas yang ikut menjaga serta mensukseskan pelaksanaan Pileg 2014 di Kabupaten Blitar,” ujar Drs. Mujianto. Sedangkan sebagai fasilitasi Pemkab Blitar pada pelaksanaan Pileg 2014, seluruh jajaran Pemkab Blitar mulai tingkat Kabupaten Blitar, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan diminta berkoordinasi aktif dengan jajaran penyelenggara seperti Kecamatan dengan PPK, Kelurahan dan Desa dengan PPS hingga TPS sebagai lokasi pemilihan atau pelaksanaan coblosan yang akan memilih Calon Anggota Legislatif seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD.
“Paling banyak berperan di tingkatan Desa dan Kelurahan, selain mempersiapkan pelaksanaan pemilihan di tingkat Desa atau Kelurahan juga diminta untuk membantu mensukseskan pelaksanaan pemungutan di masing-masing TPS yang ada di Desa dan Kelurahan masing-masing,” imbuhnya.
Sementara perlu diketahui pada pelaksanaan Pileg tahun 2014 ini diikuti 15 Parpol, yakni ada 12 Partai Nasional diantaranya Partai NasDem dengan nomor urut 1, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 2, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 3, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut 4, Partai Golongan Karya (Golkar) nomor urut 5, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nomor urut 6, Partai Demokrat dengan nomor urut 7, Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 8, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut 9, Partai Hati Nurani Rakyat(HANURA) nomor urut 10, Partai Bulan Bintang (PBB) nomor urut 14 dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan nomor urut 15. Sedangkan Partai Lokal Aceh ada 3 Parpol yakni Partai Damai Aceh (PDA) dengan nomor urut 11, Partai Nasional Aceh (PNA) dengan nomor urut 12 dan Partai Aceh (PA) dengan nomor urut 13.  [htn*]

Tags: