Pemkab Blitar Siapkan THR Rp42 Miliar

Khusna Lindarti

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2021 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Blitar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah siapkan Rp42 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan sesuai dengan ketentuan mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2021 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang bersumber dari APBN.

“Untuk penerimaan THR akan diberikan kepada semua PNS Pemkab Blitar,” kata Khusna Lindarti. Lanjut Khusna Lindarti, adapun pemberian THR bagi PNS ini sebagai wujud penghargaan atas pengabdian kepada Bangsa dan Negara dengan memperhatikan keuangan Negara, dimana juga ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Bupati (Perbup).

“Untuk pencairannya diupayakan maksimal 5 Mei 2021, dam diharapkan semua prosesnya berjalan lancar, sehingga bisa dicairkan secepatnya,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Khusna untuk pemberian Tunjangan Hari Raya tersebut akan langsung masuk ke rekening masing-masing PNS.

“Sehingga tinggal menunggu saja prosesnya, dan diharapkan kinerja pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi selama bulan Puasa Ramadhan ini,” jelasnya.

Tambah Khusna, untuk jumlah PNS di Kabupaten Blitar saat ini mencapai 8.300 lebih, sehingga aesuai aturan terkait pedoman penyusunan APBD sudah dijelaskan Pemerintah harus menganggarkan gaji ke-13 dan THR, dimana jumlah total anggaran yang disiapkan untuk THR PNS tahun 2021 ini senilai Rp42 miliar.

“Angka itu merupakan jumlah satu kali gaji seluruh PNS di Kabupaten Blitar,” imbuhnya.n [htn]

Rate this article!
Tags: