Pemkab Bondowoso Bangun Bendungan

Drs Karna Suswandi MM

Drs Karna Suswandi MM

Bondowoso, Bhirawa
Program Pemkab Bondowoso, Jatim yang menitik beratkan di bidang pertanian, direspon oleh dinas pengairan dengan melakukan kajian dan penelitian pada beberapa daerah kering yang sebelumnya hanya mengandalkan tadah hujan untuk penanamannya. Nantinya didaerah tersebut akan dibangun bendungan yang diharapkan bisa mengairi sawah.
Hasilnya, dengan memanfaatkan melimpahnya aliran air yang belum termanfaatkan dengan baik, maka akan terbuka ratusal areal lahan baru menjadi persawahan yang bisa dilakukan penanaman hingga tiga kali musim tanam yang tentunya akan meningkatkan produktifitas hasil pertanian di Bondowoso.
Kepala Dinas Pengairan Bondowoso, Drs Karna Suswandi MM, menjelaskan, beberapa daerah yang memiliki limpahan aliran air tersebut  diantaranya di Kecamatan Tlogosari serta Kecamatan Botolinggo yang sebelumnya hanya bisa satu kali tanam dengan memanfaatkan air hujan maka akan bisa ditanami sepanjang musim dengan memanfaatkan penataan aliran air.
“Bupati selalu mengungkapkan jika masa depan Bondowoso adalah pertanian, sehingga kita harus terus selalu mendukungnya dengan program yang tepat sasaran diantaranya dengan pembangunan bendungan baru”, kata Karna saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/1).
Dari data yang dimilikinya menurut Karna, untuk Kecamatan Tlogosari pihaknya sedikitnya membuka areal persawahan baru sekitar 75 Hektar, sedangkan untuk Kecamatan Botolinggo hingga mencapai 100 hektar lahan produktif baru.
“Sebelumnya masyarakat membuat aliran sederhana dengan menggunakan tumpukan batu dan banyak air terbuang percuma, sehingga pada APBD tahun 2015 ini kita sudah menganggarkan untuk membangunnya dengan lebih permanen”, ungkap mantan Kepala Diskoperindag ini kemarin.
Dengan banyaknya anggaran yang dimiliki yang diperoleh dari APBD Kabupaten, Propinsi serta APBN menurut kepala dinas yang dikenal dekat dengan kalangan wartawan ini pihaknya sudah memetakan prioritas pembangunan saluran irigasi pada 600 daerah. Sehingga target produktifitas pertanian yang pada tahun ini di Bondowoso sudah surplus bisa terus meningkat.
Ia juga mengungkapkan anemo masyarakat petani ketika ditemuinya dilokasi yang direncanakan akan dibangun baik saluran maupun bendungan baru yang ternyata sangat mendukung, karena menurut mereka akan meningkatkan semangat bertani mereka hingga meningkatkan produktifitas yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi.
“Masyarakat dilokasi itu sangat mendukung dan berharap secepatnya dibangun, maka sebagai pemerintah kita wajib memberikan fasilitas pada mereka yang tentunya untuk kebaikan Bondowoso kedepan dalam bidang ekonomi”, pungkasnya. [mb7]

Rate this article!
Tags: