Pemkab Bondowoso Gelar Temu Insan Pers

Asisten-I-saat-menjadi-pembicara-dalam-temu-Insan-Pers-kemarin.

Asisten-I-saat-menjadi-pembicara-dalam-temu-Insan-Pers-kemarin.

Bondowoso, Bhirawa
Dalam rangka menjalin komunikasi yang baik dengan kalangan wartawan se- Bondowoso Pemkab Bondowoso di bawah kepemimpinan Bupati Amin Said Husni mengamankan Kepada Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Pusat Data Elektronik (Humas PDE) menggelar silaturrahim bersama seluruh wartawan se- Bondowoso baik elektronik maupun Cetak yang didalamnya juga diberi materi tentang pemantapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
Acara tersebut digelar di Gedung Sabha Bina II Gedung Pemkab Bondowoso, kemarin dengan menghadirkan pemateri yaitu Drs H Agung Tri Handono SH MH yang saat ini menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Tata Praja Sekretariat Daerah Bondowoso.
Dalam sambutannya dihadapan puluhan wartawan se- Bondowoso Kabag Humas PDE Pemkab Bondowoso Haeriyah Yuliati, S.Sos MM mengakui jika sesuai amanat yang diberikan Bupati kepadanya untuk menjalin komunikasi yang baik dengan wartawan diperlukan komunikasi yang intens agar tidak terjadi saling salah paham.
Pihaknya juga mengakui jika dengan adanya komunikasi yang baik bersama kalangan wartawan maka akan memudahkan pemkab untuk menyampaikan segala informasi baik terkait pembangunan maupun inisiatif yang lain yang tentunya akan segera diketahui oleh masyarakat yang memang berhak atas informasi tersebut. “Bapak Bupati memang sangat berharap agar komunikasi yang baik dijalin dengan kalangan wartawan, sehingga amanat ini yang saya laksanakan dan forum ini juga bisa dijadikan ajang diskusi,” katanya.
Kabag Humas menambahkan, jika forum komunikasi yang disediakan ini tidak ada maksud sama sekali untuk membungkam atau membatasi kreatifitas para wartawan untuk memberikan kritik dan masukan bagi Pemkab, karena hal itu sangat penting untuk kemajuan Bondowoso kedepan. “Kita tentu juga sangat berharap adanya masukan atau kritik yang konstruktif untuk kelancaran pembanguan di Bondowoso,” imbuhnya.
Sementara itu Drs H Agung Tri Handono SH MH yang menjadi pemateri dalam acara tersebut menekankan tentang pemantapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang memang menjadi rujukan bagi kalangan wartawan dalam bekerja.
Pihaknya berharap wartawan yang ada diwilayah Bondowoso untuk bekerja lebih professional dan kreatif dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang di masyarakat khususnya Bondowoso, karena dengan menekankan kreatifitas tersebut inspirasi dan masukan untuk pembangunan di Bondowoso justru akan dating dari kalangan wartawan.
Bentuk kreatifitas yang dimaksud menurut Agung, yaitu wartawan tidak hanya mengejar berita seremonal tetapi juga ikut menggali isu dan informasi di masyarakat terkait berbagai potensi yang dimiliki agar menjadi inisiasi untuk perbaikan kebijakan di Bondowoso. “Jadi maksud saya wartawan juga membantu memberikan informasi pada masyarakat terkait berbagai potensi yang bisa dikembangkan,” ungkapnya.
Acara yang dimoderatori oleh Diah Indra selaku Kasubag Humas tersebut terlihat hidup ketika forum dialog dibuka, karena para wartawan diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan kritik khususnya untuk memperbaiki komunikasi antara pencari berita dengan para pimpinan SKPD yang menurut mereka kadang sulit ditemui sehingga informasi yang keluar menjadi sepihak.
“Saya berharap ada masukan pada para Pimpinan SKPD dari kabag Humas agar mereka memberikan informasi yang dimiliki kepada para wartawan agar tulisa kita menjadi berimbang, bukan malah sulit ditemui,” kata salah satu wartawan kemarin.
Menanggapi berbagai masukan itu Asisten I berjanji untuk menyampaikan hal itu pada pihak yang berwenang agar komunikasi yang baik antara kalangan wartawan dengan pemkab Bondowoso sesuai harapan Bupati bisa tercapai. [har]

Tags: