Pemkab Gelar Best Situbondo Carnival

6-FOTO KAKI awi-smp_panji1[1]Situbondo, Bhirawa
Puluhan ribu pasang mata warga Kota Santri tumpah ruah di sepanjang jalan Ahmad Yani hingga Jalan PB Sudirman, Kabupaten Situbondo, sejak siang kemarin (9/11). Antusias warga tersebut terkonsentrasi guna untuk menyaksikan kegiatan BSC (Best Situbondo Carnival) yang digagas Pemerintah Kabupaten Situbondo, melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).
Agar berjalan sukses Pemkab menggandeng EO dan melibatkan peserta dari kalangan Dinas Pendidikan, seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) serta sejumlah perwakilan masyarakat umum. Dalam kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Bumi Sholawat ini, Pemkab Situbondo mengambil tema ‘BSC Festival Desain Baju Kejayaan Islam dan Fashion On The Street’. Pengambilan tema ini tampak berbeda dengan daerah lain seperti Banyuwangi dan Jember yang lebih dulu  tampil, dalam satu dua tahun terakhir ini.
Menurut Kepala Disparbudpora Kabupaten Situbondo, Tulus Prijatmaji, melalui Kabid (Kepala Bidang) Pariwisata Budaya, Jupri Setyo Utomo, tiap peserta memakai bahan kain yang dipadukan denga accesoris kerajinan asli Situbondo. Seperti, ujar mantan Lurah Ardirejo itu, batok kelapa, kerang kayu yang disesuaikan dengan kreatifitas peserta. “Para peserta juga memaki properti seperti pedang, tombak, perisai dan perlengkapan perang lainnya yang tentunya tidak berbahaya. Misalnya, kardus, gabus dan kayu,” urai Jupri.
Masih kata Jupri,  khusus untuk katagori warna BSC tahun 2014, meliputi kejayaan Islam Eropa (silver), kejayaan Islam masa nabi Sulaiman (hijau muda), Islam masa Nabi Musa (gold), Islam masa perang badar (putih). Sisanya, kata Jupri, kejayaan Islam di India (orange), Islam di Indonesia (biru) Islam di China (merah) dan Islam di Turki dengan warna ungu.  “Untuk juri terdiri dari 4 orang yang ada di garis start kanan-kiri, route peserta dan digaris finish.  Sedangkan kriteria penilaian meliputi baju, make-up, koreografi dan camera face,” beber Jupri.
Sementara itu, salah satu peserta tim SMPN I Panji, tampak tampil memukau dan apik saat memperagakan desain baju kejayaan Islam di India. Menurut Kepala Sekolah (Kasek) SMPN I Panji, Drs Herry Sojan Msi, tim yang bidani sengaja mengambil desain tema Islam di India, karena memiliki keunggulan dibidang corak lainnya. “Keikutsertaan kami ini untuk memeriahkan event pengangkatan potensi seni budaya dan wisata yang dimiliki Situbondo dimasa yang akan datang,” terang Herry Sofjan.
Menurut Herry, dalam event BSC kali ini, SMPN I Panji mengikutsertakan dua tim dengan nomor peserta 132 yang mengangkat tema kejayaan Islam Eropa yang meniikberatkan pada desain silver dan kejayaan Islam di India. “Kami optimis bakal meraih juara, karena disamping sebelumnya pernah meraih juara pada acara puncak Hari Jadi Situbondo ke-196,  tim kami juga rutin melakukan latihan bersama pendamping dan pembina. Mudah-mudahan harapan kami nanti benar-benar terwujud dengan sempurna,” pungkas Herry yang diamini salah satu official SMPN I Panji, Zsasa Meichan, kemarin.
Di sisi lain, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH, menandaskan, pihaknya sengaja mengambil tema desain baju pada masa kejayaan Islam, tak lain untuk membedakan acara serupa dengan daerah lain yang lebih mendominasi pada pengangkatan ciri khas daerah yang bersangkutan.
“Ide ini agak radikal karena waktu dan persiapan yang lebih pendek yakni  sekitar tiga bulan. Berbeda dengan daerah lain yang memiliki persiapan hingga satu tahun. Yang pasti, event ini memperebutkan hadiah total 26 juta. Ini teralisasi juga berkat kekompakan teman teman,” papar Bupati Dadang.
Dadang menambahkan acara ini bukan untuk mengkultuskan pencitraan pribadi, melainkan untuk memfasilitasi semua pembangunan yang ada di Kabupaten Situbondo. “Even ini sudah berjalan dengan baik karena ada kerjasama yang kompak antar berbagai elemen. Ini juga didasari oleh kebersamaan dalam membangun Situbondo, sehigga yang nampak bukan hanya hasil pekerjaan satu orang saja,” pungkas Bupati Dadang. [awi]

Keterangan Foto : Salah satu atraksi peserta SMPN I Panji tampak memukau puluhan ribu penonton pada acara pentas BSC siang kemarin. [sawawi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: