Pemkab Gelar Bimtek Kearsipan bagi Pengelola Arsip Desa – Kelurahan

12-Adv Senin 12 Mei - Foto 1Lumajang, Bhirawa
Dalam melaksanakan tugas lembaga-lembaga pemerintah tak bisa lepas dari kegiatan surat menyurat baik surat yang diciptakan maupun yang diterima. Surat dan dokumen yang disebut arsip tersebut merupakan bahan kerja dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Namun sampai saat ini masih ada atau bahkan banyak yang kurang perhatian terhadap masalah arsip. Arsip dianggap sebagai barang yang tidak beharga sehingga dibiarkan teronggok disudut ruangan kantor.
Kesadaran akan arti pentingnya arsip harus tertanam pada semua karyawan baik atasan maupun bawahan. Jika arsip dibiarkan maka akan menimbulkan permasalahan baru yaitu kesulitan ketika melakukan pencarian suatu dokumen yang diperlukan, yang lebih berbahaya apabila surat atau dokumen tersebut tersebut hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab.  Sadar akan hal itu Kantor Perpustakaan Arsip Kabupaten Lumajang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kearsipan bagi tenaga pengelola arsip di pemerintahan desa dan kelurahan se Kabupaten Lumajang.
Sebanyak 205 peserta dari masing masing desa dan kelurahan hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini sendiri dijadwalkan berlangsung selama 2 hari. Dimulai tanggal 6 sampai 7 mei 2014 di gedung guru.
PLT Kepala Kantor Perpustakaan Arsip Kabupaten Lumajang Nanang Wijaya menyampaikan, bimbingan teknis pengelolaan arsip dilaksanakan sesuai dengan UU no 43 tahun 2009 tentang kearsipan. tujuan dari bintek ini agar kearsipan dipemerintah desa dan kelurahan dapat terkelola dengan baik dan arsip-arsip penting dapat terselamatkan.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang dr. Buntaran yang membuka Bintek pengelolaan arsip berharap, momentum ini sebagai langkah lanjutan dalam membangun komitmen untuk tertib kearsipan di Kabupaten Lumajang khususnya dipemerinthan desa dan kelurahan. [yat @]

Keterangan Foto :
Sekda Lumajang dr Bunatarn Supriyanto MKes saat membuka Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Tenaga Pengelola Arsip di Pemerintahan Desa dan Kelurahan . [dayat / bhirawa]

Tags: