Pemkab Gresik Alokasikan Dana Desa Rp49 Miliar

Dana DesaGresik, Bhirawa
Pemkab Gresik akan mengucurkan dana sebesar Rp49 miliar untuk desa. Masing-masing desa akan mendapatkan dana Rp159  juta. Pernyataan ini disampaikan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto saat memberikan sambutan pada pembinaan kepala desa dalam rangka implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Acara dihadiri seluruh Kepala Desa se Kab Gresik ini berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja, Senin (29/12) kemarin.
Sebenarnya pernyataan Sambari ini sekedar memberikan pemahaman baru terkait adanya pemahaman kebijakan yang selama ini berkembang di masyarakat. Dahulu memang ada wacana adanya alokasi dana pemerintah pusat ke desa yang mencapai Rp700 juta sampai Rp1,4 miliar. ”Saat ini tak usah memikirkan dana itu datang atau tidak, yang penting anda sudah benar-benar siap,” ujarnya.
Memang, kata bupati, beberapa saat yang lalu Pemkab Gresik menyiapkan Kepala Desa dan Perangkat Desa dengan berbagai Diklat terkait persiapan pengelolaan keuangan desa yang jumlahnya mencapai
Rp1,4 miliar itu. Beberapa paket program pembelajaran dalam pengelolaan dana diberikan. ”Anggap saja Diklat, serta pembelajaran tentang pengelolaan dana itu sebagai ilmu yang pasti akan berguna dalam melaksanakan tugas,” tambah Bupati.
Pada kesempatan itu, Pemkab  Gresik juga menghadirkan pejabat dari Departemen Dalam Negeri yaitu Kasubdin Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Asset Desa, Depdagri Firman GS. Selain itu, Kepala Kejaksaan Negeri Gresik, Willy Ade Chaidir juga memberikan pemahaman tentang 12 dasar hak pengelolaan keuangan desa kepada para peserta yaitu Bupati, Wabup, Forpimda, Sekda, Camat dan para Kepala Desa yang hadir. [eri]

Tags: