Pemkab Jombang Buat Program Bahagia Bersama Tetangga di Bulan Ramadan

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Senin (27/04). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang membuat Program Bahagia Bersama Tetangga yang dilaksanakan selama Bulan Ramadhan tahun ini yang juga tengah terjadi pandemi Covid-19. Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengungkapkan, dalam suasana pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di satu sisi, semua pihak harus mengikuti protokol kesehatan dan diimbau agar tetap berada di rumah. Namun di sisi yang lain, jika tidak keluar rumah, maka juga tidak akan mendapatkan apa-apa.
Dari situlah Bupati mengatakan, selama Bulan Ramadhan (Bulan Puasa) tahun ini, Pemkab Jombang membuat sebuah terobosan dengan Program Bahagia Bersama Tetangga.
“Yang berbasis masjid dan musholla. Jadi pelaksanaannya, panitia terdiri dari takmir masjid atau musholla, ditambah dengan NU dan Muhammadiyah, juga dari pemerintah desa,” kata Bupati Jombang, Senin (27/04).
Lebih lanjut Bupati mengatakan, kepanitiaan pada program ini bertugas melakukan pendataan terhadap orang-orang yang akan bersedekah memberikan buka puasa dan makan sahur kepada tetangga, dan juga melakukan pendataan pihak penerima sedekah tersebut.
“Dengan demikian kita sudah membantu mereka (yang kurang mampu) untuk tidak menyiapkan buka puasa dan makan sahur,” tandas Bupati Jombang.
Setelah program ini diluncurkan, Bupati menerangkan, ternyata program seperti ini juga pernah disampaikan dalam sebuah Qadish Nabi Muhammad SAW. Hadish yang diriwayatkan oleh Bukhari itu berbunyi dalam bahasa Indonesia, “Tidaklah mukmin, orang yang kenyang sementara tetangganya lapar sampai ke lambungnya”.
“Nah ini pas dengan program Pemerintah Kabupaten Jombang, gerakan Bahagia Bersama Tetangga. Dan alhamdulillah, bersama dengan Baznas, kita gerakkan ini, sehingga masyarakat bisa merasakan,” papar Bupati Jombang.
Pada program ini, Bupati Mundjidah Wahab juga ikut berpartisipasi setiap pukul 16.00 WIB (4 sore) dengan menyiapkan rantangan untuk kemudian diambil untuk buka puasa dan makan sahur untuk 16 Kepala Keluarga (KK) di daerah Tambak Beras, Jombang yang dekat dengan kediamannya.
“Pemerintah Kabupaten Jombang juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan ini. Sehingga bahagia ini artinya, kita makan, tetangganya juga makan. Kita kenyang, tetangganya juga kenyang,” ulas Bupati Jombang.(rif)

Tags: