Pemkab Jombang Kunjungan Studi SATIKOMO Milik Pemkot Mojokerto

Rombongan studi dari Pemkab. Jombang foto bersama usai diterima Kadiskominfo Kota Mojokerto

Kota Mojokerto, Bhirawa
Portal Satu Data Informasi Kota Mojokerto ( SATIKOMO ) milik Pemerintah Kota Mojokerto kembali menjadi rujukan bagi Pemerintah daerah lain. Yakni Pemerintah Kabupaten Jombang.

Kunjungan studi ini kata ketua rombongan yang juga menjabat Kabid. Persandian dan data statistik Diskominfo Kabupaten Jombang. Nanang R, menyampaikan jika Portal Satikomo ini merupakan portal satu data yang disarankan oleh Pemerintah Provinsi Jatim. Untuk dijadikan percontohan dan arahan dari Pemprov ini harus pakai CAKN. Dan yang sudah bisa terbaca dan terintegrasi hanya Satikomo.

Untuk itu guna pengembangan pusat data terpadu, di Kabupaten Jombang kami melakukan studi ke sini jelas Nanang R, Rabu (3/8) usai rombongannya diterima Kadiskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaningtias bersama para Kabidnya.

Lebih lanjut ditambahkan Nanang, dalam studi kali ini, kami bersama rombongan mengkaji tentang standar data, Metadata, dan alur publikasi data pada portal satu data. Di Kabupaten Jombang sudah ada portal data sebagai satu wadah untuk data yang terkumpul dari OPD.

Namun data yang terkumpul belum dapat di upload di portal satu Pemkab. Jombang. Dikarenakan masih kurangnya pengetahuan akan standar data, meta data dan alur publikasi data dalam portal satu data,jelas Nanang.

Dalam kesempatan menerima kunjungan tamunya ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias, Kabid Persandian dan Data Statistik Wiyono menerima rombongan dari Diskominfo Kabupaten Jombang di ruang kepala Diskominfo, Gedung MPP Gajah Mada lantai 3, Jalan Gajah Mada 100 Kota Mojokerto.

Wiyono mewakili Kadiskominfo menyampaikan salah satu keberhasilan program satu data di Kota Mojokerto adalah adanya dukungan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pengumpulan data.

“Program satu data sejalan dengan Forum Satu Data Kota Mojokerto, dimana Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pembina Data, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) sebagai Koordinator Data, Diskominfo sebagai Walidata, dan OPD-OPD Kota Mojokerto sebagai Walidata Pendukung sekaligus Produsen Data, maka sangatlah penting peran OPD-OPD di Kota Mojokerto sebagai penyedia data untuk Satu Data Kota Mojokerto (SATIKOMO),” jelas Wiyono.

Ditambahkan oleh Siti Noor’Ainy selaku Subkoordinator Pengelolaan Data dan Statistik Diskominfo Kota Mojokerto bahwa keberadaan portal SATIKOMO telah mengalami perkembangan yang pesat sejak berdiri pada tahun 2019.

“Saat ini fitur Satikomo mengalami perkembangan dengan tambahan beberapa fitur terbaru seperti fitur verifikasi data, tampilan data publikasi, dan lainnya,” ujarnya.

Dan, portal SATIKOMO juga banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. “Jumlah viewers SATIKOMO di Tahun 2022 meningkat lebih dari 300% dari Tahun 2021, jumlah unduhan data di web SATIKOMO pada tahun 2022 juga mengalami peningkatan lebih dari 2 kali lipat dibanding pada tahun 2021jelas Siti NA.(min.gat)

Tags: