Pemkab Jombang Masuk 10 Besar di Jatim dalam Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Bupati Mundjidah Wahab saat menerima penghargaan Terbaik X Bupati/Walikota Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (12/01).

Jombang, Bhirawa
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menghadiri agenda Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022 dan sekaligus pemberian Penghargaan K3 Tingkat Jawa Timur (Jatim) Tahun 2022 yang dilaksanakan, Rabu pagi (12/01) di Kantor Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Jombang menjadi salah satu kabupaten/kota terbaik dalam Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kabupaten Jombang termasuk dalam 10 besar.

Bupati Mundjidah Wahab pada kesempatan tersebut menerima langsung penghargaan dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Piagam penghargaan yang berbunyi Nomor: 188/111/KPTS/033.2/2022 Gubernur Jawa Timur dengan ini memberikan penghargaan kepada : BUPATI JOMBANG Sebagai TERBAIK X, Bupati/Walikota Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Prouinsi Jawa Timur Tahun 2022, serta trophy.

Bupati Mundjidah Wahab atas nama Pemkab Jombang menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada semua pihak atas diterimanya Penghargaan Terbaik X yang diterima Pemkab Jombang atas kinerja ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Jombang termasuk 10 besar yang mendapat penghargaan tentang K3, karena perhatiannya dalam keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan perusahaan,” ucap Bupati Jombang.

“Pemerintah Kabupaten Jombang berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja seluruh stakeholder, untuk memberikan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Jombang agar memperhatikan kepada karyawannya untuk memberikan fasilitas dalam rangka sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja,” papar Bupati Mundjidah Wahab.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jombang, Priadi menyampaikan bahwa, Kabupaten Jombang tahun 2021 ini terdapat 6 perusahaan dengan status Zero Accident. Artinya bahwa pada perusahaan tersebut selama satu tahun tidak ada kecelakaan kerja.

Perusahaan-perusahaan di Kabupaten Jombang itu betul-betul sudah melaksanakan K3 sehingga berdampak pada minimnya kecelakaan kerja.

“Tahun 2021 tidak ada sama sekali atau nol. Disnaker Kabupaten Jombang telah berupaya melakukan pembinaan secara terus-menerus door to door ke perusahaan dan juga pembinaan melalui pembinaan persyaratan kerja dan pengawasan dengan berkoordinasi dengan Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan,” kata Priadi.

“Semua perusahaan tersebut mempekerjakan pekerja yang di antaranya telah bersertifikat SMK3, sehingga SOP kerjanya berdampak pada minimnya kecelakaan kerja,” tuturnya.

Katagori penilaian yang diperoleh Kabupaten Jombang pada agenda Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022, di antaranya Zero Accident diterima oleh 6 perusahaan. Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS 3 perusahaan. Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 ada 6 perusahaan. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja 10 perusahaan.(rif/adv)

Tags: