Pemkab Lamongan Inovasi Penyaluran Bantuan Melalui Kartu YES

Inovasi Kartu Yakin SEmua Sejahtera (YES) diharapkan mampu meningkatkan pemberdayaan dan produktivitas masyarakat. [Alimun Hakim/Bhirawa]

Pemkab Lamongan, Bhirawa
Untuk mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Lamongan yang dinahkodai Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wakilnya, Abdul Rouf.

Berbagai tantangan luar biasa dalam satu tahun kepemimpinannya tidak menjadi penghalang untuk terus membangkitkan semangat masyarakat agar tetap kuat dan produktif untuk bisa keluar dari zona pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan berbagai sendi kehidupan.

Untuk membangkitkan semangat itu, berbagai program pembangunan terus diciptakan salah satunya dengan Program Kartu Yakin Semua Sejahtera (YES) yang merupakan kerjasama antara Pemkab Lamongan dengan Bank Jatim. Kartu YES ini diharapkan mampu meningkatkan pemberdayaan dan produktivitas masyarakat.

Bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-453 Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lamongan resmi meluncurkan Kartu YES yang ditandai dengan penyerahan kartu secara simbolis oleh Bupati Yes kepada para penerima manfaat usai proses Pasamuan Agung di Pendopo Lokatantra, Kamis (26/5).

Kartu YES mencakup beberapa program, beberapa diantaranya yakni program peningkatan pendapatan keluarga penerima manfaat yang diprioritaskan bagi kepala rumah tangga perempuan produktif, serta program bantuan bagi takmir masjid/pemuka agama di kabupaten Lamongan.

Tak hanya itu, bantuan pengembangan pengusaha muda melalui bantuan permodalan yang dikemas dalam program Megpreneur juga diserahkan melalui Kartu YES. Kedepannya, seluruh bantuan yang berasal dari APBD Kabupaten Lamongan akan disalurkan melalui kartu tersebut.

Diungkapkan Bupati Yuhronur, peluncuran kartu YES diharapkan mampu memberikan percepatan dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga membawa Lamongan menuju kabupaten yang semakin sejahtera.

“Melalui Program Yakin SEmua Sejahtera (Yes), kami ingin memastikan semua masyarakat yang kurang sejahtera (PPKS) mendapatkan perlindungan sosial. Kemudian pemberdayaan dan bantuan modal usaha kepada 80 kepala rumah tangga perempuan produktif juga telah kami lakukan,” turur Bupati Yes.

Tak hanya melalui program Yakin SEmua Sejahtera saja, Melalui akselerasi program prioritas, dan pendekatan pembangunan inklusif dan kolaboratif, Bupati Yes juga ingin menghadirkan pembangunan yang merata, bangkit ekonominya, dan harmonis warganya.

Pada Puncak Peringatan HJL ke-453 yang dihadiri seluruh Forkopimda tersebut selain memberikan hadiah kepada pemenang program Megpreneur, juga turut diserahkan berbagai penghargaan kepada Pemenang Inovasi Pelayanan Publik Lamongan (Sinolla) Tahun 2022, pemenang lomba kelompok Asuhan Mandiri, penyerahan mobil sehat serta penyerahan dana dusun secara simbolis oleh Bupati Lamongan. [aha.dre]

Tags: