Pemkab Lamongan Siap Bangun Infrastruktur Senilai Rp174 M

6-foto B yit-jalan8Lamongan, Bhirawa
Anggaran sebesar lebih dari Rp 174 miliar sudah disiapkan Pemkab Lamongan untuk pembangunan infrastruktur di tahun 2015. Selain untuk infrastruktur jalan, anggaran sebesar itu juga akan digunakan untuk pembangunan jembatan dan tembok penahan tanah (TPT).
Untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur tersebut, penggunaan anggaran sebesar Rp 174.809.241.000 itu akan dikerjakan oleh tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Yakni Dinas PU Cipta Karya, Dinas PU Bina Marga dan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas).
“Sesuai arahan Bapak Bupati (Fadeli) agar pembangunan infrastruktur dijadikan prioritas. Sehingga akses manusia dan barang semakin mudah, serta mampu terwujud kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan,” ujar Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo.
Diuraikan olehnya, melalui Dinas PU Cipta  Karya sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk 59 kegiatan pembangunan infrastruktur. Diantaranya untuk pembangunan dan pelebaran saluran drainase di Jalan Gotong Royong Kecamatan Babat, pembangunan TPT Desa Lawak Kecamatan Ngimbang dan Peningkatan Jalan Balun-Kepudihbener Kecamatan Turi.
Sedangkan melalui Bapemas sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 36.845.000.000 untuk 746 kegiatan. Diantara kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pembangunan jalan lingkungan desa dan poros desa, TPT serta normalisasi sungai di pedesaan.
Selanjutnya melalui Dinas PU Bina Marga, ada 124 kegiatan pemeliharaan dan pembangunan infrastruktur yang dibiayai dengan anggaran sebesar Rp 122.964.241.000.
Sebanyak 91 kegiatan diantaranya dengan anggaran sebesar Rp 39 miliar diperuntukkan infrastruktur jalan poros desa. Diantaranya untuk Jalan Poros Desa Tlanak-Mojodadi, Jalan Poros Desa Mantup-Kedukbembem, Jalan Poros Desa Bulumargi-Datinawong dan Jalan Poros Desa Brengkok-Daendels-Labuhan.
Untuk infrastruktur jembatan, disiapkan anggaran sebesar Rp 5,4 miliar untuk 11 kegiatan. Diantaranya untuk pembangunan jembatan Desa Gintungan, Desa Rumpuk Mantup, Desa Kedungwangi Sambeng, dan pembangunan jembatan Gedungboyountung-Balun. [yit]

Keterangan Foto : Salah satu jalan lingkungan di Desa Godog Kecamatan Laren ketika diresmikan akhir Desember lalu. [suprayitno/hhirawa]

Tags: