Pemkab Launching Program Gresik Sehat 2015

program Gresik Kabupaten SehatGresik, Bhirawa
Pemkab Gresik melaunching program Gresik Kabupaten Sehat. Tujuannya untuk meraih penghargaan Swastisaba Padapa 2015 yaitu sebuah penghargaan tingkat nasional dibidang kesehatan.
Launching ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh berbagai pihak dan para pemangku kepentingan yang berlangsung di Ruang Mandala Bhakti Praja, Rabu (10/12). Selain itu, para penandatangan komitmen melaksanakan penyusunan beberapa program dan gerakan menuju Kabupaten Gresik sehat 2015.
Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Sugeng Widodo mengatakan, beberapa langkah dalam menuju program Gresik Kabupaten sehat sudah diawali berbagai kelompok masyarakat yang ada di Gresik. Beberapa langkah itu, menurut  Sugeng Widodo, antara lain dengan sudah terbentuknya bank sampah, kampung organik, kampung hidroponik, kampong Gresik berhias, kampong dengan pelayanan public, desa pendidikan, desa Hippam, Desa ODF, sekolah adiwiyata,   Desa PHBS, Pasar sehat, serta Adipura dan lainnya. ”Upaya perbaikan lingkungan itulah sebagai langkah awal menuju suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat sebagai hunian masyarakat,” ujarnya.
Setelah penandatanganan dari berbagai unsur yaitu, Kepala SKPD, Camat, Perwakilan Perusahaan BUMN dan BUMD, PKK, Forum Gresik Sehat yang terdiri dari Akademisi, LSM, Tokoh Masyarakat tersebut diberi pengarahan tentang Kota Sehat oleh Kasi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Edi Basuki SKM MSi. ”Konsep kota sehat tak hanya sehat dari penyakit, namun sehat dalam arti yang luas dan menyeluruh,” ungkap Edi saat memberikan bimbingan.
Asisten I, Tursilowanto Hariogi yang hadir mewakili Bupati Gresik mengatakan,  penghargaan bidang kesehatan yaitu penghargaan program Kabupaten Kota Sehat dari Gubernur Jatim dengan dua tatanan yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum dan Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri Oktober 2014. Juga penghargaan otonomi award JPIP kategori khusus lingkungan dan sanitasi pada kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat.
Ditambahkan  Tursilo, banyak hal yang menjadi indikator bahwa Gresik sangat konsen dalam pembangunan kesehatan. ”Adanya APBD yang selalu meningkat pada tahun 2010 hanya Rp38 miliar namun kini sudah mencapai Rp128 milyar. Berbagai pembangunan sarana prasarana kesehatan mulai peningkatan fasilitas Puskesmas dan pembangunan RS,” katanya.n
[eri]

Tags: