Pemkab Malang Bidik Posisi Tiga Besar Proprov

indexMalang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Malang membidik posisi tiga besar perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur V/2015 yang diagendakan diselenggarakan di Banyuwangi.
“Untuk mewujudkan target tiga besar ini, kami minta KONI melakukan pembinaan dan latihan intensif pada semua cabang olahraga. Bukan hanya cabang yang menjadi andalan saja, tapi juga cabang olahraga lain yang nantinya juga menjadi andalan pemkab dalam mendulang medali emas, baik di porprov atau kejuaraan lainnya,” tegas Bupati Malang, Rendra Kresna, di Malang, Rabu.
Menurut Rendra, membidik posisi tiga besar merupakan target yang realistis karena menggusur Kota Surabaya yang selama ini selalu menjadi juara umum dan Kota Malang sebagai “runner up” adalah hal yang mustahil. Oleh karena itu, posisi ketiga peringkat medali porprov harus menjadi milik Kabupaten Malang.
Rendra mengakui untuk beranjak ke posisi ketiga juga tidak mudah karena harus bisa menggeser satu pesaing berat pada Porprov IV, yakni Kota Kediri yang meraih 36 emas, 29 perak dan 27 perunggu. Sedangkan Kabupaten Malang saat itu berada di posisi keempat dengan 29 medali emas, 28 perak dan 55 perunggu.
Politisi Partai Golkar itu mengatakan pembinaan atlet di Kota Surabaya dan Kota Malang sudah sangat baik dan didukung dengan pembinaan serta fasilitas yang sangat memadai. Sedangkan di Kabupaten Malang, fasilitas pendukungnya masih sangat minim.
Selain akan menambah dan meningkatkan kualitas fasilitas pendukung bagi atlet, katanya, atlet peraih medali juga akan diberikan bonus yang cukup pantas dan layak. “Kami berharap para atlet daerah ini mampu mewujudkan target, dengan menunjukkan mental juaranya, jangan puas dengan hanya menggondol medali perak atau perunggu, raihlah emas sebanyak-banyaknya,” tegas Rendra.
Para peraih medali pada Porprov IV di Madiun yang berlangsung 24-29 Juni 2013 itu mendapat bonus cukup besar. Peraih medali emas mendapatkan bonus Rp20 juta, perak Rp10 juta dan perunggu sebesar Rp5 juta.
Pada Porprov IV di Madiun, posisi Pemkab Malang naik satu strip dibanding Porprov III di Kediri. Dari posisi kelima, naik ke posisi keempat dan Porprov V di Banyuwangi membidik posisi ketiga. Sejak Porprov I hingga IV, posisi juara umum tak pernah bergeser dari Kota Surabaya dan posisi runner up juga tidak pernah bergeser dari Kota Malang. [ant.mut)

Tags: