Pemkab Malang Sambut Rencana Pemerintah Gelar Festival Ekonomi Digital

Sekda Kab Malang Wahyu Hidayat. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menggelar festival ekonomi digital, hal ini langsung di sambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Sedangkan rencana Kemenkominfo tersebut, telah disampaikan melalui wibiner yang digelar di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang.

“Kemenkominfo sudah menyampaikan melalui webiner, yang berencana menggelar festival ekonomi digital. Sehingga rencana tersebut, tentunya menjadi perhatian, karena terkait dengan jaringan. Sebab hal ini berpengaruh pada jangkauan jaringan di tiap daerah,” papar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Senin (5/4), kepada wartawan.

Menurut dia, digital ekonomi ini juga menuntut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk selanjutnya semua akan berjalan dengan baik sesuai rencana bersama. Dan jika akses antar manusianya memenuhi syarat, maka ekonomi digital tersebut akan sukses. Dan secara nasional juga masih terhambat, sehingga diharapkan dengan adanya teknologi digital ekonomi, nantinya akan menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi di era modernisasi seperti sekarang ini.

“Semakin tahun kebutuhan teknologi terus semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, kita harus siasati dengan cepat pula, yang selanjutnya akan dianggarkan pada tahun ini, agar cepat terealisasi,” tutur Wahyu.

Dan ketika wartawan menyinggung terkait pendataan area blank spot atau tidak ada sinyal di Kabupatan Malang, Wahyu menyatakan bahwa wilayahnya tidak memiliki banyak area blank spot. Karena wilayah Kabupaten Malang secara grografis berkontur, yang hal itu berbeda dengan Kota Malang. Karena jika nanti ada wilayah yang blank spot,  maka akan ada bantuan. Seperti bantua berupa model jaringan yang dapat menstabilkan jaringan internet.

“Karena secara geografis dipastikan akan mengalami naik turunnya signal. Tapi wilayah yang blank spot di Kabupaten Malang tidak banyak, sehingg jika nantinya program Pemerintah Pusat itu terealisasi, yang jelas pihaknya sudah mempersiapkannya agar bisa sukses,” tandas dia. [cyn]

Tags: