Pemkab Pamekasan Gelar Grand Final Putra-Putri Batik 2020

Sekdakab Pamekasan, Totok Hartono, didampingi Plt Kadis Parbud Pamekasan berfoto juara Grand Final dan peserta Putra Putri Batik 2020. [syamsudin/bhirawa]

Pamekasan, Bhirawa
Pemilihan Putra-Putri Batik 2020 dilaksanakan Pemkab Pamekasan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini adalah salah satu di antaranya mengusung potensi daerah, yaitu Batik. Dalam Malam Grand Final, Moh. Holil Setiawan dan Amelia Maudy S dinobatkan sebagai Putra Putri Batik Pamekasan tahun 2020.

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekaran, Ir. Totok Hartono, M.T, di Mandhepah Agung Ronggosukowati, hadir Forkopimda, Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Pengurus Dekranas Kabupaten Pamekasan.

Sekda mewakili Bupati Pamekasan menyampaikan, pemilihan Putra Putri Batik menunjukkan semangat dan keseriusan Pemkab Pamekasan mengawal salah satu potensi unggulan Kabupaten Pamekasan di bidang pembinaan dan pengembangan usaha kecil menengah industri batik tulis Pamekasan.

Kegiatan ini selaras dicanangkan Pamekasan sebagai Kabupaten Batik oleh Gubernur Jawa Timur, sehingga mendorong Pemkab untuk menggerakkan dan mempromosikan batik tulis lebih cepat lagi tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. “Pemilihan Putra Putri Batik Pamekasan ini pada dasarnya adalah memilih Putra Putri Pamekasan yang berbakat, memiliki kapasitas kepribadian, intelektual, sosial dan spiritual,” katanya.

Ia mengimbau, pelaksanaan pemilihan Putra putri Batik haruslah benar-benar menjadi ruang menempa diri dan mensukseskan wisata budaya serta potensi Batik sebagai identitas budaya yang berbasis ekonomi. “Pemilihan Putra Putri Batik tersebut. Kabupaten Pamekasan pernah berhasil mengantarkan Putra Putri Batiknya, mengikuti Putra Putri Batik Nusantara ditingkat nasional pada tahun 2016 bahkan memperoleh juara ketiga kala itu,” cerita Totok.

Bukan itu saja, Batik Pamekasan berhasil memperoleh beberapa penghargaan seperti penghargaan Rekor Muri Seribu Perempuan Membatik Tahun 2009 dan Branding Batik Mobil Dinas Tahun 2019. Pemilihan Putra Putri Batik Pamekasan untuk dapatnya diapresiasi dengan baik oleh semua kalangan. “Ekspresi, kreasi dan prestasi anak muda Pamekasan benar-benar diapresiasi dengan baik sehingga dapat melahirkan generasi cerdas, berjaya dan berbudaya,” harap Sekda.[din]

Tags: