Pemkab Pasuruan Merehab Puluhan Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf saat menyerahkan bantuan rehab rumah kepada yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan, Bhirawa
Puluhan rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan akhirnya direhab. Total anggaran rehab dari Pemkab Pasuruan melalui BTT (biaya tidak terduga) mencapai Rp 661.662.000.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menyampaikan bantuan rehab rumah diberikan kepada korban banjir di Desa Kepulungan, Karangrejo dan Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang dialami.

“Nilainya kami sesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Sehingga biaya perbaikan untuk masing-masing rumah warga, jelas tidak sama,” ujar HM Irsyad Yusuf, Minggu (21/3).

Dari tiga desa terdampak, Desa Kepulungan merupakan wilayah yang kondisi rumah warganya paling terdampak. Tercatat ada 6 rumah rusak berat dan 37 rumah rusak sedang, dengan anggaran mencapai Rp 493.977.500.

Adapun di Desa Karangrejo terdapat 17 rumah yang mengalami kerusakan sedang dan dianggarkan sebesar Rp 140.415.000, lalu 5 rumah di Desa Ngerong juga rusak sedang dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 27.269.500. Adapun total rumah warga yang terdampak mencapai 59 rumah.

“Sebelum memberikan bantuan, tim melakukan survei dan rekapitulasi. Tim itu dari Pekerjaan Umum (PU) dan BPBD Kabupaten Pasuruan yang sudah saya tugaskan untuk melakukan pendataan serta penghitungan,” kata Irsyad Yusuf.

Pejabat nomer satu di Kabupaten Pasuruan berharap agar bantuan dipergunakan untuk perbaikan rumah yang rusak. Penerima langsung by name by address (nama dan alamat) penerima.

“Mari kita bersama-sama berdoa. Terutama mendoakan untuk keselamatan keluarga dan seluruh masyarakat. Serta Kabupaten Pasuruan ini dihindarkan dari bencana dan mara bahaya,” urai Irsyad Yusuf.

Sekadar diketahui, banjir di Dusun Genuk Watu, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan akibat melupanya Sungai Kambeng yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia, delapan rumah permanen hanyut, 17 rumah mengalami rusak parah dan 15 rumah rusak sedang. Serta 52 jiwa mengungsi dari total 59 rumah yang terdampak banjir. [hil]

Tags: