Pemkab Pasuruan Segera Jadikan Bangil Sebagai Ibu Kota

6-FOTO KAKI hil-2311-jalan masuk menuju bangil dari timurPasuruan, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan menjadikan wilayah Kecamatan Bangil sebagai ibu kota didaerah itu. Rencana tersebut dibuat setelah Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf bersama pimpinan SKPD dan DPRD Kabupaten Pasuruan usai menyampaikan presentasinya di hadapan tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta pekan lalu.
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyampaikan dipilihnya kecamatan Bangil sebagai ibu Kota Kabupaten Pasuruan atas sejumlah pertimbangan diantaranya karateristik masyarakatnya sudah perkotaan, aksebilitasnya dianggap memadai dan strategis, lahan yang ada masih banyak dan potensial untuk dibangun fasilitas sosial dan fasilitas umum. Serta penataan wilayah Bangil masih memungkinkan karena sentra ekonomi, bisnis, jasa dan industri terkelompok dengan baik.
“Kemendagri menyambut baik presentasi kami. Mereka pun (Kemendagri) akan segera menerjunkan langsung timnya untuk mengkaji lapangan terkait kesiapannya,” ujar Irsyad Yusuf pada sejumlah wartawan, Minggu (23/11).
Sedangkan, hasil pertemuan dengan tim Kemendagri di Jakarta, Pemkab Pasuruan juga disarankan segera menyiapkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Amdal Lalu-Lintas yang lengkap, sehingga saat tim melakukan peninjauan, dapat segera dilaporkan.
Sejak beberapa tahun lalu yang lalu, Pemkab Pasuruan sudah melakukan sejumlah persiapan sebagai wujud Bangil menjadi ibu kota. Yakni memindahkan perkantoran Pemkab Pasuruan yang semula berada di Kota Pasuruan, kearea Kompleks Perkantoran Pemkab Pasuruan yang berada di Raci, Bangil.
“Kantor Badan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) yang saat ini berada di Kota Pasuruan dipindah pada tahun ini. Begitupula untuk kantor Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kantor Arsip dan Perpustakaan, Kantor KB dan Pemberdayaan Perempuan juga akan dipindahkan menjadi satu di area Kompleks Perkantoran Raci Bangil di tahun 2015 nanti. Sarana dan prasaranapun juga segera dibenahi  ” tandas Irsyad Yusuf.
Sebagai adik kandung Wagub Jatim, mempermudah pelayanan kepada masyarakat menjadi visi-misi Bupati Pasuruan. Karena itu, iapun akan memindah Kantor Bupati dan Sekretariat ke eks gedung RSUD Bangil yang saat ini dipakai sebagai kantor beberapa instansi. Namun pemindahan itu akan dilakukan secara bertahap.
Eks gedung RSUD Bangil saat ini ditempati Kantor Dinas Kesehatan, PMK Kabupaten Pasuruan, PMI Kabupaten Pasuruan, Kantor Arsip dan Perpustakaan, serta Kantor KB dan PP. Pihaknya pun berharap kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan, khususnya masyarakat Bangil dan sekitarnya agar selalu mendukung percepatan Bangil menjadi ibu kota.
“Untuk memindahkan Kantor Bupati dan Sekretariat akan dilakukan bertahap. Untuk Detail Engineering Design (DED) nya sudah ada. Posisinya memang akan ditempatkan di eks RSUD Bangil (depan Mapolres Pasuruan). Anggaran pemindahan itu juga tak main-main, butuh biaya besar. Kami berharap agar warga Kabupaten Pasuruan, khususnya masyarakat Bangil sedianya mendukung penuh program ini,” tambah Irsyad Yusuf.
Pejabat yang akrab di panggil Gus Bup ini juga mengharapkan pada Presiden RI Joko Widodo menyetujui rencana besar tersebut. “Kabupaten Pasuruan punya peluang besar, selama ini aset yang kita miliki lebih banyak berada di kabupaten dibandingkan dengan di kota. Mudah-mudahan nanti bisa masuk dalam Progam Legislasi Nasional (Prolegnas),” kata Irsyad Yusuf. [hil]

Keterangan Foto : Pintu masuk Kecamatan Bangil dari timur Kabupaten Pasuruan. Pemkab Pasuruan akan menjadikan wilayah Kecamatan Bangil sebagai ibu kota Kabupaten Pasuruan.

Tags: