Pemkab Probolinggo Gelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Bimtek pengadaan barang dan jasa kab Probolinggo.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkab Probolinggo, Bhirawa
Dalam rangka meningkatkan kinerja penyedia dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi penyedia, Jum’at (2/4) di Paiton Resort Hotel Desa Binor Kecamatan Paiton.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang terdiri dari penyedia di lingkungan Kabupaten Probolinggo serta Kasubag dan staf pendukung dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi penyedia dari Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo, Kasubag LPSE pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo serta Pokja Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo Mariono mengatakan kegiatan ini bertujuan agar penyedia memahami proses pengadaan barang/jasa dengan sistem pengadaan langsung, penunjukan langsung dan tender.

“Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan penyedia dapat memahami dokumen persyaratan tender, penyedia lebih memahami tata cara melakukan upload dokumen kualifikasi dan penawaran dan melalui sistem LPSE dan penyedia memahami tentang Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) LPSE,” katanya.

Sedangkan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo pada waktu yang sama telah membentuk Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis) Kabupaten Probolinggo.
Forkom Pokdarwis yang disahkan melalui Keputusan Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Nomor : 180/35/426.118/2021 Tentang Pembentukan Forkom Pokdarwis Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 ini bertujuan sebagai sarana tempat berdikusi antar pokdarwis se-Kabupaten Probolinggo dalam rangka pengembangan peningkatan destinasi wisata Kabupaten Probolinggo.

Forkom Pokdarwis tersebut mengadakan rapat koordinasi (rakor) terkait rencana kerja selanjutnya dalam rangka membangkitkan perekonomian dari sektor pariwisata dalam tatanan kehidupan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto menekankan tentang pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata yang ada di desa. Pokdarwis di desa jangan melihat potensi wisata saja, tetapi potensi desanya mulai dari kuliner maupun budayanya, sehingga nantinya bisa dijual sebagai paket wisata.

“Kami mengharapkan Pokdarwis tetap semangat mengembangkan potensi masing-masing meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19. Dengan adanya pengembangan destinasi di Kabupaten Probolinggo dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari sector pariwisata,” harapnya.

Sementara Kasi Destinasi Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengungkapkan Forkom Pokdarwis ini anggotanya adalah semua Pokdarwis yang sudah ada di setiap destinasi yang wilayah kerjanya ada di destinasi masing-masing.

“Kalau Forkom Pokdarwis itu wilayah kerjanya se-Kabupaten Probolinggo. Forkom Pokdarwis ini akan berpartisipasi dan mendukung segenap komponen Pokdarwis dan masyarakat dalam terwujudnya iklim yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Musa menerangkan setelah terbentuknya Forkom Pokdarwis harus menyusun rencana kerja dan setiap bulan selalu diagendakan pertemuan untuk membahas pengembangan wisata di Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya Forkom Pokdarwis ini bisa menjadi sebuah wadah untuk menampung aspirasi dari Pokdarwis di daerah yang ada di masing-masing destinasi serta sebagai pemersatu antar Pokdarwis di daerah. Tugasnya membantu destinasi pariwisata mengembangkan suatu potensi wisata di daerah yang pengelolaannya berbasis masyarakat,” tambahnya.(Wap)

Tags: