Pemkab Siapkan Tes Antigen Gratis Bagi Calon Mahasiswa Baru

Bupati Karna Suswandi saat menyampaikan kebijakan Pemkab Situbondo tentang penyediaan tes antigen gratis bagi pelajar yang akan mengikuti tes UTBK di Perguruan Tinggi. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Untuk mendukung proses kelancaran pendaftaran mahasiswa baru tahun 2021, Pemkab Situbondo menyiapkan layanan tes antigen secara gratis. Kebijakan ini juga berlaku bagi pelajar yang ingin melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta. Kini tes cepat antigen menjadi salah satu syarat bagi calon mahasiswa baru saat akan mengikuti tahapan tes UTBK [Ujian Tulis Berbasis Komputer).
Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Pemkab Situbondo akan memfasilitas tes antigen gartis bagi para pelajar yang akan memasuki jenjang kuliah tahun 2021. Mereka bisa melakukan tes antigen gratis di tiga RS milik Pemkab. Diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asembagus; Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki dan RS Abdoer Rahem Situbondo.
“Ya kebijakan ini kami realisasikan setelah sebelumnya banyak mendengar keluhan dari para pelajar yang akan melanjutkan kuliah. Mereka umumnya kebingungan untuk tes antigen,” kata Bupati Karna.
Tes antigen gratsi ini, ujar Bupati Karna, merupakan salah satu bentuk keberpihakan Pemkab Situbondo membantu pelajar saat membutuhkan fasilitas secara gratis. Bung Karna, panggilan akrabnya, mengakui tes antigen gratis sudah mulai dibuka sejak Jumat, 9 April 2021. Bagi pelajar yang ingin mendapatkan pelayanan tes antigen gratis, cukup membawa e-KTP atau tanda bukti mendaftar UTBK.
“Silahkan mendaftar karena tes antigen gratis kini menjadi salah syarat mendaftar di jalur UTBK Perguruan Tinggi,” ujar Bung Karna.
Salah satu pelajar Situbondo, Haikal, mengaku senang dengan adanya jaminan layanan antigen gratis di Kabupaten Situbondo. Pasalnya, tegas Haikal, selama ini dirinya merasa kesulitan dengan tahapan mengikuti tes antigen sebagai salah satu item persyaratan masuk Perguruan Tinggi.
“Kami sangat mengapresiasi adanya kebijakan baru dari Pemkab Situbondo ini. Apalagi digratiskan saat mengikuti tes antigen sehingga membantu kami dan teman teman pelajar yang lain,” pungkas Haikal. [awi]

Tags: