Pemkab Sidoarjo Bekali Keterampilan Kerja Warganya

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor usai buka pelatihan kunjungi MPP Sukodono. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo terus berkeliling kecamatan-kecamatan untuk memberikan pelatihan keterampilan kerja kepada warganya. Agar terbuka peluang usaha baru untuk mengurangi pengangguran. Dengan leading sektor Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo.

Seperti yang dilakukan di Kantor Kecamatan Sukodono Sidoarjo dengan memberikan pelatihan Barista, SPA Refleksiologi yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali S.IP yang didampingi Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo Muhammad Ainur Rahman.

Sedangkan di Kecamatan Krembung dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH, pada Senin (8/3) kemarin. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor berharap peserta pelatihan benar-benar serius mengikutinya. Jangan sampai berhenti ditengah-tengah pelatihan.

Dikatakannya anggaran pelatihan seperti ini cukup besar. Oleh karenanya jangan sampai uang negara yang dipakai untuk pelatihan terbuang sia-sia.

“Saya harapkan harus serius, ini bukan untuk saya, ini bukan untuk siapa-siapa, ini untuk panjenengan sedanten,” ucapnya. Gus Muhdlor akan mengawal pelaksanaan program pelatihan kali ini.

Dirinya akan melihat keseriusan peserta pelatihan ditiap kecamatan. Apabila didapati peserta pelatihan yang putus pelatihan ditengah jalan, dirinya pastikan pelatihan semacam ini tidak akan dilakukan lagi di kecamatan tersebut.

“Saya akan kawal data ini, kecamatan mana yang sering pretel dan bolos, nanti ada tindak lanjut, kecamatan itu tidak akan mendapatkan pelatihan seperti ini lagi,” tegas Gus Muhdlor.

Ia juga akan mengevaluasi program pelatihan ini. Apabila dinilai bagus, Pemkab. Sidoarjo akan menyiapkan bantuan peralatan kerja bagi peserta pelatihan. Dengan bantuan tersebut diharapkan nantinya peserta pelatihan dapat membuka usaha sendiri.

“Saya harapkan pelatihan yang serius hasilnya bagus sehingga pemerintah yang akan kasi bantuan berupa alat atau yang lainnya untuk usaha sendiri tidak mubazir, ” harapnya.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo Muhammad Ainur Rahman menyampaikan tujuan pelatihan ketrampilan kerja semacam ini untuk memberikan bekal dan kemampuan kompetensi masyarakat Sidoarjo.

Diharapkan akan mampu membuka lapangan usaha baru. Dikatakannya pelatihan akan dilakukan selama delapan hari. Mulai tanggal 8 sampai 17 Maret besok. “Pelatihan SPA Refleksiologi diikuti oleh 20 orang dan pelatihan barista sebanyak 16 orang,” ujarnya.n [ach]

Tags: