Pemkab Sidoarjo Beri Bantuan 502 Penyintas Covid-19

Pj Bupati Hudiyono sedang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyintas Covid 19. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 502 orang penyintas/penyembuhan dari pemulihan virus Covid 19 mendapatkan perhatian dari Pemkab Sidoarjo, dengan diberikan bantuan sosial senilai Rp 750 ribu per orang selama 10 hari. Proses penyerahannya diberikan secara simbolis oleh Pj Bupati Sidoarjo, Kamis (17/12) di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Bantuan social ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo dalam merangkul mereka, sekaligus membantu pulihkan psikologisnya untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir sebab, mereka para penyintas sudah sembuh total dari Covid-19.

“Pemerintah telah hadir untuk menguatkan warga yang mendapat musibah kesehatan, agar tidak merasa dikucilkan oleh warga sekitaranya,” terang Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak menjauhi para penyintas. “Melainkan justru diberi simpati, sebab selama berhari-hari mereka tidak bisa bekerja dan merasa stres di rumah sakit,” pintanya.

Adapun, besaran bantuan yang diberikan oleh Pemkab Sidoarjo untuk para penyintas adalah Rp 75 ribu per hari dikali 10 hari. Sehingga total yang diterima sebanyak Rp 750 ribu per orang. Jumlah penyintas yang mendapat bantuan sebanyak 502 orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, Tirto Adi yang mendampingi Pj Bupati Sidoarjo mengatakan, untuk teknis pendistribusian bantuan, pihaknya akan turun langsung ke kelurahan-kelurahan. Bekerjasama dengan kelurahan setempat untuk memberikan bantuan langsung kepada penerima.

“Nanti petugas kita yang turun membagikan langsung ke penerima. Bila memungkinkan petugas kami akan datang ke rumah penerima dengan didampingi oleh petugas kelurahan,”katanya.

Tirto Adi juga menambahkan, pendistribusian bantuan ditarget selesai dalam 1-2 hari kedepan. Karena penerimanya hanya 502 orang dan petugas kita juga ada banyak, jadi Insya Allah cepat.

“Bantuan kali ini memang diberikan hanya untuk 502 penyintas. Namun ke depan bantuan serupa akan diberikan ke penyintas Covid-19 lainnya, hingga semua penyintas mendapatkannya,” tandas Tirto Adi. [ach]

Tags: