Pemkab Sidoarjo Data dan Bantu Korban Puting Beliung

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono sedang menyerahkan bantuan pakaian ke korban terdampak. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Kejadian angin puting beliung yang merusak puluhan rumah warga Desa Balongdowo Candi Sidoarjo, pada Rabu (3/2) malam, langsung mendapat perhatian dari Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono. Selain menyapu rumah warga, angin puting beliung juga merobohkan puluhan atap stan pasar Desa Balongdowo.

Usai mendapat laporan dari masyarakat, Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono langsung turun tangan menuju lokasi, sekalian membawa bantuan 200 paket Sembako. Dari data yang diolah BPBD terdapat 30 rumah warga dan puluhan atap stan pasar rusak cukup parah.

Selain Pj Hudiyono, terlihat pula anggota DPRD Wakil Ketua Komisi D Zahlul Yussar, Kepala BPBD Dwijo Prawito, Camat Candi serta Danramil Candi. Kepala Desa Balongdowo diminta untuk segera mendata rumah warganya yang terdampak. Selanjutnya Pemkab akan membantu perbaikannya.

“Penanganan pertama langsung kita lakukan perbaikan atap rumah warga agar tidak kehujanan. Kita juga memberikan bantuan sembako, ” ujar Hudiyono usai meninjau langsung ke lokasi bencana puting beliung di Desa Balongdowo Candi Sidoarjo, Kamis (4/2) kemarin.

Pj Bupati Hudiyono mengingatkan kepada warganya pada musim penghujan saat ini disertai angin kencang, bencana dimana-mana masyarakat tetap waspada dan menjaga kekompakan. Saya ucapkan terimakasih atas informasi dari masyarakat yang langsung direspon dengan cepat oleh pemerintah.

“Kita respon cepat, langsung tanggap menghadirkan Kepala BPBD, Camat, Baznas dan dibantu relawan. Semua kompak membantu perbaikan rumah warga yang rusak.” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D Zahlul Yussar yang ikut turun juga menyampaikan kalau awal tahun 2021 ini banyak sekali musibah. Usai dirinya mendapat laporan ada puting beliung yang merusak puluhan rumah warga, dirinya langsung melakukan koordinasi dengan Pemkab.

“Kemarin malam saya dilapori masyarakat, bahwa banyak rumah warga rusak tersapu puting beliung. Kemudian saya koordinasi dengan menghubungi Pemkab. Nanti akan ada bantuan material untuk perbaikan rumah yang rusak, kemudian bantuan Sembako ada dari Baznas, BPBD, dan relawan. Bantuan juga ada uang tunai,” terang Zahlul. [ach]

Tags: